Sukses

Lifestyle

Asuransi? Penting Nggak, Sih?

Apakah asuransi? Apa benar asuransi sama dengan investasi?
"Asuransi sama sekali berbeda dengan investasi karena fungsi keduanya berbeda. Asuransi bersifat melindungi, sedangkan investasi untuk mengembangbiakkan dana. Tapi, keduanya penting untuk dimiliki. Jika kita rajin investasi tanpa memiliki proteksi maka tabungan kita bisa habis seketika saat terjadi risiko pada diri kita. Itulah pentingnya berasuransi agar hasil jerih payah kita nggak hilang begitu saja saat terjadi musibah," ujar Eka.

Asuransi

Sebenarnya asuransi apa saja sih yang wajib menjadi bahan pertimbangan kita saat akan membeli polis? Apa saja jenis asuransi?
"Sebenarnya ada beberapa asuransi yang biasa direkomendasikan financial planner pada klien mereka. Ada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi penyakit kritis, asuransi rumah, dan asuransi kendaraan. Kamu bisa pilih mana yang paling kamu butuhkan untuk dibeli polisnya," Eka kembali menjelaskan. "Untuk kamu yang sudah berkeluarga dan merupakan pencari nafkah, sebaiknya mengambil asuransi jiwa untuk melindungi keluarga kalau si pencari nafkah utama meninggal. Selain itu, asuransi rumah juga merupakan salah satu pilihan asuransi yang bisa diambil. Sedangkan kamu yang belum punya tanggungan, kamu bisa pilih asuransi berdasarkan tingkat kebutuhanmu. Misalnya, asuransi kesehatan. Apalagi kalau ternyata kantor nggak memberikan perlindungan kesehatan. Atau bisa juga asuransi kecelakaan jika pekerjaanmu sangat rentan terjadi kecelakaan."

Lantas sejak kapan seharusnya kita membeli polis asuransi?
"Saat pertama kali berpenghasilan, sebaiknya kita sudah mulai berasuransi. Kamu bisa mendapatkan asuransi di agen-agen asuransi yang kamu percaya. Sebelum memutuskan mana yang pas, kamu harus tahu dulu berapa pertanggungan yang kamu perlukan. Pertanggunggan adalah uang yang harus ada/tersedia saat kamu membutuhkan (misalnya asuransi kesehatan, pertanggungan adalah besarnya uang yang kamu perlukan saat kamu sakit/dirawat). Jadi kamu hanya akan membeli polis yang sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Nah, yang sering terjadi di masyarakat adalah agen yang mendatangi customer dan membuatkan polis yang seolah-olah pas dengan budget customer. Alhasil, customer sering membeli polis yang nggak sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang harus kamu ingat adalah pertanggungan setiap orang pasti akan berbeda tergantung pada penghasilan dan tanggungan keluarga," Eka menjelaskan.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah memiliki asuransi? Asuransi apa saja yang kamu miliki? Dan sejak kapan kamu memiliki asuransi?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading