Sukses

Lifestyle

Kuman dan Cara Mencegah Penyakit

Next

Tipe kuman yang bisa menyebabkan infeksi atau penyakit.

Virus: Mikroorganisme yang menyerang sel tubuh dan memerlukan ‘rumah’ untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Virus bertanggung jawab atas banyak penyakit seperti flu dan flu perut.

Bakteria: Sel kecil yang bisa berkembang biak dengan mudah. Bakteria hidup di makanan dan udara serta bisa hidup di tubuh manusia. Sakit tenggorokan dan E. coli adalah contoh infeksi bakteri.

Parasit: Organisme yang hidup di atau dari makhluk hidup lainnya, makan dari sel tubuh dan cairan.

Jamur: Organisme yang bisa hidup di udara, air, tanah, dan tanaman. Jamur bisa menyebabkan infeksi dan alergi, seperti candida dan mata ikan.

 

kuman 

Tempat Mereka Hidup

Angka berikut merupakan hitungan koloni per unit (CFU) per inch square. Satu CFU adalah hitungan dari organisme mikrobial. Permukaan yang di tes dalam riset ini mengandung berbagai bakteri – yang sebagian besar nggak berbahaya bagi orang-orang yang sehal – dan nggak ada bakteri serius seperti E. coli.

Keranjang/troli belanja: 2

Pegangan pintu restoran/restroom: 4

Buku perpustakaan: 7

Mainan di ruang tunggu dokter: 8

Permukaan meja sekolah: 12

Mouse komputer sekolah: 23

Lantai toko: 33

Ayunan di taman bermain: 59

Nampan restoran: 204

Instrumen musik sekolah: 262

Controller video game: 551

Keran: 32.000

 

Next

 

Hindari Sakit Dengan 3 Langkah

kuman

Kamu pastinya tahu kalau sering mencuci tangan dengan sabun selama 20-25 detik adalah pertolongan pertama mencegah serangan kuman. Berikut adalah beberapa cara untuk bertahan dari penyakit.

Langkah 1: Secara reguler, bersihkan tempat cuci piring, tempat sampah, keran kamar mandi, dan bak mandi. Tempat-tempat tadi merupakan sumber kuman terbanyak di rumah. Juaranya? Lap dapur. Cuci bersih setiap minggu.

Langkah 2: Jalan kaki lima kali seminggu. Riset menunjukkan kalau olahraga teratur bisa menguatkan tubuh dari serangan penyakit.

Langkah 3: Tambahkan probiotik (bakteri baik)  ke dalam pola makan harian untuk membantu sistem kekebalan tubuh memerangi bakteri jahat. Coba santap yogurt, atau makanan dan minuman yang mengandung probiotik.

 

;
Loading