Sukses

Lifestyle

Don’t be Stupid: Money is Easy to Lose, Hard to Gain

money dove

 

 

 

Sebagai “manusia biasa” seringkali kita kesulitan untuk mengatur keuangan. Godaan yang bertebaran dalam bentuk sale, makanan enak, hangout, gaya hidup, kebutuhan kantor atau rumah silih berganti mengganggu kestabilan isi dompet. Sehingga, boro-boro menabung, bertahan hidup sampai akhir bulan saja rasanya susah banget.

And we’re no expert either, selain hal standar seperti pentingnya menabung dan punya asuransi. Makanya kami mengumpulkan berbagai tips berikut yang berasal dari para pembaca FIMELA.com dan berhasil mengatasi berbagai masalah keuangan yang mereka hadapi.

1. Jangan biasakan jajan. Makan atau bawa makanan dari rumah dan tentukan menu serta belanja sesuai dengan menu tersebut. Kalau suka ngemil, bawa juga snack dari rumah seperti buah, selain hemat kamu pun lebih sehat. Tambahan lagi, makan di luar seringkali merupakan pos pengeluaran terbesar buat perempuan. Bayangkan berapa banyak yang kamu hemat dengan membiasakan diri membawa makanan sendiri.

2. Tidak belanja sehabis gajian, karena ini adalah saat dimana kamu “punya” uang dan sering terlupa kalau ada tagihan yang harus dibayarkan. Dan secara nggak sadar, kita merasa punya lebih banyak uang untuk dihabiskan dibanding yang sebenarnya.

3. Jangan belanja saat perut kosong. Karena kalau kamu belanja saat lapar kamu mudah tergoda untuk beli segala hal yang sebenarnya nggak kamu perlukan. Daftar yang sudah dibuat pun terbang melayang begitu pun bujet bulanan. Yang lebih gawat lagi kalau setelah belanja kamu berhenti di restoran fast food untuk jajan karena nggak sanggup menahan lapar.

4. Sebelum belanja bulanan, buat daftar yang perlu dibeli and stick to it. Beli lusinan hanya untuk barang yang sering kamu pakai dan perlukan. Membeli dalam jumlah banyak sebenarnya nggak terlalu berpengaruh. Beberapa barang malah lebih mahal dibeli dalam jumlah banyak. Membawa kalkulator bisa membantu mencari mana yang paling murah atau tepat.

5. Saat berbelanja, bawa uang tunai atau kartu debit saja dan tinggalkan kartu kredit di rumah. Pemegang kartu kredit yang disiplin bisa mendapatkan reward points dengan menggunakan kartu kredit saat berbelanja dan membayar tagihan full setiap bulannya. Tapi kalau kamu nggak punya kendali diri yang kuat sebaiknya stick to debit cards to make sure you don’t spend more than what you have.

6. Kadang mengeluarkan uang lebih malah lebih hemat. Bingung? Harga mahal biasanya memberikan jaminan tahan lama atau lebih banyak benefit-nya. Misalnya untuk perawatan tubuh seperti shampoo atau sabun. Lebih baik kamu membeli shampoo yang “pricey” tapi bisa menjaga kesehatan dan keindahan rambutmu. Karena perawatan rambut ke salon justru akan lebih menguras dompetmu.

7. Hindari biaya telepon yang membengkak. Kalau nggak terlalu penting, hindari melakukan panggilan telepon dengan memanfaatkan BBM, SMS, ataupun aplikasi 'chatting' lainnya. Ada beberapa provider yang menyediakan layanan pulsa hanya untuk SMS yang bisa menekan biaya pengeluaran pulsa teleponmu. Tapi, kalau memang harus melakukan panggilan lewat telepon, usahakan untuk menghindari panggilan saat jam-jam sibuk (6-10 pagi & 4-7 sore) karena saat peak hour biaya telepon sangat tinggi jika dibandingkan dengan waktu lainnya.

8. Batasi pengambilan ATM sekali seminggu. Dan jangan biasakan menggunakan fasilitas debit untuk keperluan sehari-hari. Pisahkan antara rekening untuk sehari-hari dengan yang dikhususkan untuk tabungan. Biasakan juga menyimpan uang kecil di toples. Setiap menerima kembalian atau bahkan setiap membawa makan siang ke kantor atau bisa mengatasi godaan membeli segelas latte, masukkan uang tersebut di dalam toples. Kamu bisa ambil isinya saat penuh dan setorkan ke tabungan.

Coba bayangkan, kalau uang adalah kekuasaan, maka bisa dibilang, menghemat uang bagaikan memegang kendali atas hidupmu. Bisa menghadapi “tanggal tua” dengan santai saja merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau sampai bisa menyisihkan uang untuk ditabung, selain untuk kepuasan dan ketenangan batin, dijamin juga bikin hidupmu lebih happy!

 

empowered by:

logo dove

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading