Sukses

Lifestyle

Yuk, Mulai Hidup Hijau untuk Menuju Hidup Sehat!

Next

Toyota Eco Youth

Isu tentang pemanasan global santer mencuat setelah mantan Vice Presiden Amerika, Al Gore, berpidato tentang perubahan iklim dunia pada tahun 2007. Usai pidatonya tentang krisis lingkungan, seolah dunia pun tertampar dan baru menyadari kerusakan lignkungan yang terjadi di sekitar. Perlahan-lahan, kegiatan ramah lingkungan pun mulai dijalankan.

Namun, ternyata, sebelum Al Gore berpidato tentang hidup ramah lingkungan pada tahun 2007, Toyota sudah mulai melangkah dan bertindak untuk menyelamatkan lingkungan melalui program Toyota Eco Youth. Toyota Eco Youth merupakan kontes peningkatan kesadaran lingkungan dengan mengubah generasi muda menjadi agen lingkungan hidup.

Toyota Eco YouthProgram Toyota Eco Youth telah hadir sejak tahun 2005, hanya saja pada saat itu program ini belum berskala Nasional. Kemudian pada tahun 2007, Toyota Eco Youth pun mulai merambah sekolah-sekolah secara Nasional dan hingga saat ini telah ada 24 sekolah ramah lingkungan binaan Toyota.

Salah satu sekolah binaan Toyota yang telah memenangkan kontes ini selama 3 kali berturut-turut adalah SMA Semen Gresik, Gresik, Jawa TImur. Program penghijauan yang dilakukan sekolah ini tidak hanya memberikan keuntungan untuk pelestarian lingkungan, tetapi juga menciptakan lapangan kerja. “Bekerja sama dengan SMK Semen Gresik, kami menciptakan mesin sebuah mesin pencacah sampah yang disebut ‘Ghilas’ yang tentunya otomatis membuka lapangan kerja untuk warga sekitar. Dan hingga saat ini sudah ada beberapa instansi yang memesan produk ‘Ghilas’ kami,” ujar Setiyo Budi, selaku Kepala SMA Semen Gresik saat acara kunjungan Toyota ke SMA Semen Gresik pada 19 Januari lalu.

Nggak hanya itu, penanaman pohon jarak yang masih menjadi bagian program ramah lingkungan SMA Semen Gresik juga mendatangkan penghasilan tersendiri. Jarak yang ditanam diolah menjadi beberapa barang ekonomi, seperti minyak dan bahan bakar pengganti batu bara.

Acara kunjungan ke SMA Semen Gresik saat itu, dihadiri pula oleh Duta Lingkungan Hidup tahun 2011, Oppie Andaresta. “Saya bangga pada sekolah ini karena bisa menjalankan ramah lingkungan dengan baik sehingga bisa menjadi contoh dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” Oppie berkomentar pada sesi talkshow Toyota Eco Youth SMA Semen Gresik 2011.

Next

Healthy Days with Hospital

Mengangkat tema ‘Pesta Keluarga Sehat’, SAL (Event Consulting and Production) menggelar acara Healthy Days with Hospital di Teras Kota BSD. Acara yang digelar selama dua hari sejak tanggal 28—29 Januari kemarin, memang khusus ditujukan untuk membentuk pola hidup sehat keluarga, khususnya anak dan orangtua.

Healthy Days with HospitalHealthy Days with Hospital pada dasarnya merupakan sebuah acara “pameran” rumah sakit se-Tangerang Selatan. Seluruh rumah sakit di Tangerang Selatan pun turut ambil bagian dalam acara ini. Healthy Days with Hospital berisi talkshow-talkshow yang diselenggarakan oleh setiap rumah sakit di Tangerang Selatan, lomba untuk anak-anak, dan juga lomba untuk ibu hamil.

Acara yang khusus ditujukan untuk membentuk perilaku sehat anak ini, diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti lomba bercerita, lomba menggambar, aksi panggung dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan juga story telling oleh Kak Heru (salah satu pendongeng yangtergabung dalam kelompok Pendongeng Indonesia).

“Acara seperti ini, pameran seluruh rumah sakit, se-Tangerang Selatan, merupakan yang pertama ada. Karena sebelumnya,tidak ada wadah yang menyatukan satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya seperti ini karena itu, Pemerintah dan masyarakat Tangerang Selatan cukup antusias menunggu acara kami,” ujar Ketua Panitia pelaksana Healthy Days with Hospital saat ditemui di sela-sela acara.

 

 

*Foto: Prasetyo Wibowo

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading