Sukses

Lifestyle

Hewan Peliharaan, Redakan Stres Tanpa Obat

Next

keluarga obama

Menurunkan Risiko Penyakit

Hewan peliharaan memang dapat membuat mood manusia menjadi lebih baik. Nggak heran kini makin banyak orang yang memelihara anjing, kucing, atau hewan lainnya di rumah. Apalagi di tengah ruwetnya mobilitas di Jakarta, pulang ke rumah dan disambut suara ‘miau’ atau si guk-guk pasti sangat menghibur. Dan ternyata, hal ini juga dialami oleh Michelle Obama. Perempuan nomor satu di Amerika itu mempunyai seekor anjing bernama Bo, yang ia pelihara di rumah keluarga mereka di Washington.

Memang banyak yang bilang, bahwa binatang berbulu yang sering dijadikan peliharaan, seperti anjing dan kucing, misalnya, adalah teman manusia. Dan beberapa penelitian menunjukkan, bahwa kedekatan manusia dengan hewan berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan kemampuan manusia untuk menyembuhkan diri lebih cepat secara psikologis. 

Next

olahraga dengan peliharaan

Sekaligus Berolahraga

Michelle mengungkapkan, anjing Portuguese Water Dog seperti Bo adalah jenis anjing aktif, dan biasa dikaryakan untuk membantu manusia, misalnya menarik perahu untuk membantu nelayan melaut. Dan Michelle juga mengakui bahwa cukup melelahkan baginya saat bermain bersama si anjing kesayangan. Saking sayangnya, ia menganggap Bo seperti anak laki-lakinya sendiri.

Nah, inilah salah satu keuntungan besar kalau kamu mempunyai anjing di rumah: kamu bisa sekalian berolahraga ketika mengajaknya bermain. Menurut para ahli, aktivitas fisik pemelihara anjing adalah 57-77% lebih banyak dibanding yang bukan pemelihara anjing. Ini artinya, jantungmu akan bekerja lebih aktif dan lebih sehat dengan bermain bersama si guk-guk. Kerja jantung yang baik juga semakin memperkecil risikomu terhadap penyakit berat lain, seperti obesitas, osteoporosis, diabetes tipe dua, dan hipertensi. Jadi, hewan peliharaanmu juga dapat menjadi obat yang efektif.

Next

dog and kid

Obat Hati dan Pelepas Stres

Ternyata, kedekatan hubungan manusia dan hewan juga merangsang pelepasan hormon oksitosin pada otak, hal yang sama yang juga terjadi dalam hubungan antara ibu dan bayinya. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan, yang berfungsi mengeluarkan kortisol atau hormon pelepas stres. Stres dapat memengaruhi sistem imun tubuhmu, yang kemudian membuatmu lebih rentan terhadap penyakit infeksi, seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Kalau kamu bebas stres, harapan hidupmu sudah pasti lebih lama.

Animal therapy juga berbanding lurus dengan kondisi mental manusia yang lebih baik. Drh. Puput, yang memiliki sebuah klinik hewan di daerah Kemang Pratama, Bekasi, mengatakan, bahwa hewan peliharaan dapat membantu membangun rasa empati pada anak-anak, mengatasi depresi ringan, dan mempercepat penyembuhan pada beberapa kasus kelainan mental. Beberapa penelitian di luar negeri juga sudah membuktikan hal ini. Itu sebabnya, mengapa Michelle dan anggota keluarga Obama yang lain sangat menyayangi Bo, karena mereka menganggap anjing itu memberikan banyak manfaat positif bagi mereka.

Bagaimana dengan kamu?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading