Sukses

Lifestyle

Selebriti Tampil Gaya, Siapa Yang Membantu?

Next

Masayu Anastasia

Inilah yang mencetuskan ide bagi para pemilik clothing line atau local online shop untuk memercayakan promosi usaha mereka kepada beberapa selebriti. Lihat saja timeline Fitri Tropica, Masayu Anastasia, Lyra Virna, sampai Tyas Mirasih, yang dipenuhi dengan jepretan foto kamera ponsel dan dimodifikasi dengan aplikasi visual seperti Instagram, yang memuat foto mereka sedang berpose dengan outfit atau aksesori yang disponsori oleh sebuah clothing line. Cara ini memang bukan yang terbaru, karena Tyas mengaku sudah menjadi endorser untuk berbagai clothing line dan online shop sejak dua tahun lalu.

Bagaimana sistem endorsement ini berjalan? Pertama-tama, memang sangat bergantung pada social media, dalam hal ini adalah Twitter, sebagai media yang umum digunakan. Selebriti yang menjadi endorser, lalu diberikan item terbaru dari line atau toko yang bersangkutan. Kemudian, foto sang selebriti yang sedang mengenakan item tersebut di-posting di Twitter, nggak lupa dengan menyebutkan akun clothing line-nya. Selanjutnya, foto itu akan dilihat oleh para follower si figur publik, tertarik, dan mencari tahu lebih lanjut item yang mereka taksir. Istilahnya, celebrity endorser tersebut adalah “bintang iklan” untuk clothing line atau online shop tertentu, namun dalam skala kecil, bukan massal seperti halnya beriklan di media cetak dan televisi.

Next

 

Tyas Mirasih

Bagi selebriti yang laris menjadi endorser seperti Tyas dan Masayu, mereka sangat diuntungkan dalam hal penampilan. Mulai dari baju sehari-hari hingga aksesori pendukung penampilan, bisa mereka dapatkan hanya dengan akses jari alias fingertip. Karena, secara berkala mereka akan ditawari barang-barang terbaru oleh toko yang mensponsori mereka via e-mail atau Blackberry Messenger, dipilih, sealed, and delivered! Tanpa harus meluangkan waktu secara khusus untuk berbelanja ke mall, para figur publik ini akan selalu berpenampilan up to date. Isi lemari selalu ter-upgrade, bujet belanja pun nggak membengkak.

“Keuntungannya menjadi endorser banyak banget menurutku. Pengeluaran untuk belanja berkurang, hemat waktu kalau lagi lagi sibuk tapi ingin tetap belanja, dan senang karena barang-barang yang ditawarkan selalu up to date,” kata Tyas ceria.

Dari sisi lain, celebrity endorsement memang menguntungkan bagi clothing line yang didukung oleh figur terkenal. Retail Therapy, salah satu local clothing line yang pernah mempercayakan Masayu Anastasia, Tyas Mirasih, hingga Fitri Tropica dan Widi “Vierra”, mengakui hal tersebut. Memang nggak semua selebriti bisa pas untuk dipercayakan sebagai endorser, karena lagi-lagi, ini adalah soal public image dan selera fashion yang bagus sangat diperlukan dalam hal ini. Itu makanya, Retail Therapy nggak pernah dengan gegabah memilih selebriti untuk menyokong usaha mereka.

Next

 

Fitri Tropica

“Biasanya saya melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui selera dan perilaku follower seorang figur. Ini untuk mengetahui apakah item dari line saya bisa cocok bila dijual kepada mereka, terutama dari segi price range. Ini yang saya pelajari ketika pernah beberapa waktu mempercayakan Shireen dan Zaskia Sungkar sebagai endorser, yang ternyata kecenderungan follower kedua selebriti itu nggak sesuai dengan visi kami,” urai Kalista Moulany selaku owner Retail Therapy.

Namun, menurur Kalista, makin menjamurnya sistem endorser oleh selebriti akhir-akhir ini malah membuat cara ini nggak efektif lagi secara omset penjualan. Kalista pun melihat bahwa jumlah pertambahan follower yang dulu bisa mencapai 200 orang per hari setelah foto produknya di-posting oleh selebriti, kini paling hanya bertambah sekitar 5-10 follower. Kalista membacanya karena sudah terlalu jamak cara seperti ini hingga nggak menarik lagi.

“Itulah sebabnya kini Retail Therapy hanya memercayakan Widi ‘Vierra’ dan Fitri Tropica sebagai endorser, karena impact-nya bisa dibilang sudah nggak banyak terasa. Banyak follower selebriti yang mulai bosan disuguhi gambar dan tweet bernada promosi, sehingga minat mereka sebagai pembeli pun menurun. Jadi, sekarang saya benar-benar selektif memilih dan memercayakan endorsement ini,” terangnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading