Sukses

Lifestyle

Makanan Tradisional Kalengan: Oleh-Oleh Praktis dan Mudah

Next

Gudeg adalah salah satu makanan tradisional yang sering dicari orangSampai kapanpun makanan tradisional akan tetap memiliki pasar dan penggemar tersendiri. Berkembang dan masuknya berbagai pengaruh makanan dari luar, tidak lantas membuat makanan tradisional tenggelam dan menghilang.

Jakarta Jika pergi ke satu daerah Indonesia, rasanya sangat disayangkan jika kita melewatkan mencicipi makanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut.Gudeg merupakan salah satu makanan tradisional dengan banyak penggemar. Rasanya yang manis dan tekstur yang cenderung lembut membuat rasa gudeg bersahabat pada lidah anak-anak hingga orangtua. So, bukan hanya di Jogja, nggak heran kalau Gudeg menjadi salah satu makanan yang paling dicari.

Next

 

Gudeg Bu TjitroPada tahun 2010, muncul produk Gudeg yang dikemas secara kalengan yang mempermudah untuk dibawa-bawa dan juga dikonsumsi. Adalah Gudeg Bu Tjitro yang memproduksi Gudeg dalam kemasan kaleng.

Walaupun dikemas dalam kaleng, namun Gudeg Bu Tjitro ini bebas dari bahan pengawet. Produsen Gudeg Bu Tjitro mengaku menggunakan teknik hampa udara dan sterilisasi yang akan membuat bakteri mati sehingga Gudeg bisa bertahan hingga 2�3 tahun.

Produk Gudeg Bu Tjitro ini diproduksi oleh UPT Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia LIPI Gunung Kidul. Saat ini, dalam satu bulan, LIPI Gunung Kidul bisa memproduksi makanan tradisional kaleng hingga mencapai 10.000 kaleng.

 

 

Next

 

Gudeg Wijilan Bu LiesDan nggak hanya Gudeg saja yang bisa diperoleh dalam kemasan kaleng, Tempe Kari, Sayur Lombok Ijo, dan Manggut Lele juga bisa diperoleh dalam kemasan kaleng. Produsen mengatakan bahwa pengemasan dalam kaleng tidak akan mengurangi nilai gizi dan cita rasa asli berbagai makanan tradisional tersebut.

Selain Bu Tjitro, ada juga gudeg kalengan lain yang bisa dicicipi dan dibawa sebagai oleh-oleh, Gudeg Wijilan. Di sepanjang Jalan Wijilan, Jogja, berderet beragam rumah makan yang menyajikan gudeg, salah satunya adalah Gudeg Bu Lies. Mengikuti jejak Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Bu Lies pun mulai mengalengkan gudegnya. Bahkan, permintaan pasar yang membludak membuat pemilik rumah makan ini harus membuat prabik pengalengan sendiri.

 

 

 

 

 

Next

 

Rendang Kalengan KarissaMakanan tradisional dalam kaleng ini sudah tersebar di kota Jogja dan bisa diperoleh di beberapa toko. Dan hebatnya, nggak hanya berjaya di dalam negeri, produk makanan tradisional kalengan Bu Tjitro dan Gudeg Wijilan Bu Lies ini juga sudah menembus pasar luar negeri, seperti Belanda dan Singapura. Selain gudeg, kamu juga bisa mencicipi Rendang Kalengan Karissa dan juga Nasi Liwet Instan. Untuk produk-produk ini secara cepat kamu bisa diperoleh melalui online (www.sentracamilannusantara.com).

Gudeg Bu Tjitro 1925 Janti Restaurant

Jln. Janti No. 330 (Depan JEC), Jogja

Telp. 0274-564734, Fax. 0274-543452

Gudeg Wijilan (Gudeg Bu Lies)

Gudeg Bu Lies Wijilan

Jln. Wijilan 5, Jogja

Telp: (0274) 450164 - 7114670

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading