Sukses

Lifestyle

Berencana Melanjutkan Kuliah (Lagi)? Yuk Budgeting!

Next

Budgeting dana sekolahTerjun ke dunia profesional bukan berarti membuat sebagian orang melupakan pentingnya pendidikan. Ada yang memang sengaja bekerja untuk mengumpulkan dana agar bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya namun ada pula yang ingin melanjutkan pendidikan sambil bekerja.

Buat kamu yang berencana melanjutkan pendidikan dengan dana sendiri, sebaiknya kamu sudah mulai menghitung dana yang akan kamu keluarkan setiap bulan saat kuliah sejak awal berencana untuk melanjutkan pendidikan dan mulai menabung. Biaya pendaftaran, biaya pengiriman berkas aplikasi, biaya buku, dan biaya kuliah itu sendiri tentunya harus diperhatikan dengan matang. Ini dimaksudkan supaya kamu nggak tiba-tiba putus pendidikan di tengah jalan karena salah perhitungan.

Namun, seiring dengan bergulirnya waktu, biaya pendidikan pun akan terus meningkat. Untuk menghitung biaya pendidikan dengan aman, kamu tentu harus menghitung jumlah keseluruhan biaya pendidikan yang kamu inginkan tanpa melupakan kenaikan inflasi yang terjadi setiap tahun.

Next

Budgeting dana sekolah"Setiap tahun, pendidikan bisa mengalami kenaikan sebesar 15% dengan kenaikan tingkat inflasi sebesar 5% setiap tahunnya. Jadi, bukan tidak mungkin jika berencana untuk melanjutkan pendidikan 2 tahun yang akan datang, biaya pendidikan bisa meningkat 2 atau 3 kali lipat dari biaya pendidikan saat itu. Bukan tidak mungkin biaya pendidikan yang awalnya hanya 50 juta rupiah meningkat menjadi 150 juta rupiah pada tahun berikutnya," ujar Lisa Soemarto, Financial Planner.

Untuk mencicil biaya pendidikan yang akan kamu jalani, kamu bisa menggunakan produk tabungan pendidikan yang disediakan di berbagai bank ataupun kamu bisa menyisihkan secara manual pendapatanmu setiap bulan di rekeningmu. Namun, untuk memastikan agar uang yang kamu sisihkan tidak terpakai hingga waktu yang diperlukan, tentunya produk tabungan pendidikan merupakan pilihan yang tepat buat kamu yang agak susah disiplin.

Next

Budgeting dana sekolahSelain biaya kuliah, tentu ketika melanjutkan pendidikan kamu juga harus menghitung berbagai biaya penunjang lain. Misalnya saja ketika kamu berencana melanjutkan pendidikan di luar kota, kamu harus memikirkan bagaimana akomodasimu selama belajar di sana dan biaya untuk kembali pulang ke kota tempat kamu bekerja jika kamu memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Biaya-biaya penunjang seperti ini terkadang sering dianggap sepele, namun jika dikalkulasikan, ternyata jumlahnya tidak sedikit. Misalnya saja, kamu memutuskan melanjutkan kuliah di Bandung dan harus pulang ke Jakarta sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk bekerja.

Dengan demikian kamu harus memasukkan biaya kos (setidaknya biaya hidup jika sudah memiliki tempat tinggal sendiri) selama di Bandung dan juga biaya travel atau bensin untuk bolak-balik Bandung-Jakarta. Mulai menghitung dan mempersiapkan biaya rencana kuliah bukan bertujuan untuk membuat kamu pusing dengan angka-angka yang harus dipenuhi, tapi justru malah akan memudahkan kamu saat menjalani pendidikan nantinya. Bayangkan jika kamu tidak mempersiapkan dana kuliah dengan matang dan ternyata harus membayar uang kuliah pada saat itu dengan sebagian gajimu di saat yang sama. Jangan sampai konsentrasi belajarmu terganggu dan justru malah putus kuliah di tengah jalan karena tiba-tiba terganggu memikirkan biaya kuliah yang terus bertambah.

So, ada rencana untuk melanjutkan pendidikan, yuk mulai persiapkan mental dan financial mulai sekarang!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading