Sukses

Lifestyle

7 Cara Mudah Agar Perempuan Tetap Sehat Di Usia 20, 30, 40 Tahun

Next

tindakan preventifPenyakit degeneratif

Menurut dr. Samuel Oetoro, Sp. Gk., penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia saat ini merupakan penyakit degeneratif, yakni penyakit yang berjalan secara perlahan, misalnya saja obesitas dan diabetes. Gaya hidup yang salah merupakan faktor utama yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut. Jadi apa yang perlu dilakukan dan dihindari saat kita berada di usia 20, 30, dan 40 tahun agar bisa tetap mendapatkan tubuh sehat?

Saat berada di usia 20 maka sebaiknya…

Stop olahraga!

Ya, berhenti berolahraga karena ternyata olahraga juga bisa membuat penuaan dini dan perusakan pembuluh darah berjalan lebih cepat. Tapi, olahraga seperti apa yang tidak boleh dilakukan? Olahraga yang harus dihindari dan tidak boleh dilakukan adalah olahraga berlebihan yang melewati ambang batas kemampuan kita. dr. Samuel mengatakan bahwa ternyata olahraga secara berlebihan justru akan menyebabkan timbulnya radikal bebas dan justru malah menggerogoti kesehatan tubuh kita. Jadi, berolahragalah sebatas kemampuan kita secara teratur dan jangan berlebihan.

Next

 

tindakan preventifTingkatkan berat badan

Yup! Tingkatkan berat badan untuk menjaga kesehatan tulang dan menghindari osteoporosis. Dr. Siti Annisa Nuhoni, Sp.RM (K), dokter spesialis fisioterapi mengatakan bahwa orang yang terlalu kurus bisa terancam osteoporosis karena tulang dalam tubuhnya kurang mendapat beban. Jadi, jangan mengurangi makan gila-gilaan untuk menurunkan berat badan, kontrol berat tubuh jangan sampai malah underweight karena justru akan mengancam kesehatan tulang.

Next

 

tindakan preventifKetika makin matang di usia 30 akan lebih baik jika…

Konsumsi santan mentah

Kita tahu bahwa santan merupakan salah satu sumber lemak jenuh. Santan mengandung lemak jenuh jika diolah. Namun, jika dalam keadaan mentah, santan justru malah mengandung zat baik untuk kesehatan tubuh yang lebih cepat diserap dan diolah untuk menjadi energi. So, jika kamu memang ingin mengonsumsi santan maka konsumsilah dalam kondisi mentah.

Next

 

tindakan preventifKonsumsi coklat

Siapa bilang coklat adalah makanan yang harus dihindari? Justru coklat adalah makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena coklat mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, dengan catatan yang dikonsumsi adalah coklat pekat (dark chocolate) dan bebas dari gula. Yang dimaksud dengan coklat pekat adalah coklat yang mengandung 70% buah coklat. Rutin mengonsumsi coklat pekat bisa membantu meminimalisasi radikal bebas yang dilepaskan oleh tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Next

 

tindakan preventifKonsumsi kalsium tambahan

Kesehatan tulang sangat penting menunjang kegiatan kita sehari-hari. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan kalsium demi menjaga kesehatan tulang, konsumsi asupan kalsium tambahan sangat dianjurkan. Mengapa? Karena kalsium merupakan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh. Susu dan berbagai macam makanan olahan susu lainnya bisa menjadi salah satu sumber asupan kalsium buat kita. “Minum susu secara teratur dan sedini mungkin karena pembentukan kepadatan tulang akan berhenti ketika kita berusia 40 tahun. Perempuan memerlukan asupan kalsium lebih banyak, terlebih ketika sedang hamil,” ujar Dr. Siti Annisa Nuhoni, Sp.RM (K).

Next

 

tindakan preventifKetika sudah berada di usia 40…

Konsumsi alpukat

Banyak di antara kita yang mengira bahwa alpukat mengandung banyak lemak dan bisa membuat tubuh gemuk. Tapi ternyata, alpukat mengandung zat omega-9 yang sangat tinggi. Apa fungsi omega-9? Omega-9 sangat baik untuk mengaktifkan insulin yang sangat dibutuhkan oleh para penderita diabetes. Penderita diabetes sama sekali tidak dilarang untuk mengonsumsi diabetes asal mengonsumsinya tidak dicampur lagi dengan bahan-bahan lainnya. Karena ternyata kandungan yang terdapat dalam alpukat sama dengan kandungan yang terdapat dalam buah zaitun, yakni sama-sama berfungsi mengaktifkan insulin tubuh.

Next

 

tindakan preventifHindari gula!

Menurut dr. Samuel Oetoro, di kelompok para dokter gizi, gula disebut juga dengan racun. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, gula memicu proses penuaan lebih cepat. Then, buat kamu yang takut keriput dan tua lebih cepat, mulai sekarang kurangi gula atau bahkan hilangkan gula sama sekali dari kehidupan kamu.

;
Loading