Sukses

Lifestyle

Waspada dan Kenali 4 Ciri Investasi Bodong yang Marak Terjadi

Next

Investasi mulai menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan masyarakat saat ini. Kesadaran masyarakat untuk mempertimbangkan keuangan di masa depan pun membuat investasi makin marak diminati. Pun orang-orang awam yang buta dengan dunia keuangan mulai tergerak untuk mencari tahu tentang investasi. Sayangnya, ketidaktahuan mereka tentang investasi dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk memperdaya dan meraup memperkaya diri sendiri.

Kenali investasi bodong supaya kamu tidak terjebak dan malah merugi alih-alih mendapatkan keuntungan untuk masa depan. Endy J. Kurniawan (pakar emas), Lisa Soemarto (pakar reksadana dan Senior Advisor AFC), serta Aidil Akbar (Senior Advisor AFC) berbagi tips untuk mengenali dan menghindari investasi bodong.

investasi bodongPenipuan dengan penghimpunan dana masyarakat

Endy J. Kurniawan mengakui bahwa emas merupakan jenis investasi terbaik, namun tentu kita harus waspada dengan beragam jenis investasi emas yang banyak beredar saat ini. Biasanya jenis investasi ini merupakan jenis investasi irasional karena membuat orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak tanpa lebih tahu terlebih dulu mengetahui dengan jelas investasi yang akan mereka lakukan.

“Biasanya penipu akan menawarkan masyarakat untuk menanam modal pada bisnis yang bahkan bentuk gedung kantornya saja tidak terlihat. Bentuk penipuan seperti ini juga banyak dilakukan dan sayangnya banyak juga yang terjebak dengan usaha seperti ini,” ujar Endy.

Next

investasi bodongPenipuan dengan menghimpun dana untuk bisnis emas

Selain menipu masyarakat dengan bisnis fiktif, para penipu biasanya mengajak masyarakat untuk berinvestasi untuk membeli emas mereka. “Jika memang ada yang menawarkan kita untuk berinvestasi emas dengan tawaran yang tidak masuk akal, sebaiknya lebih berhati-hati dan terlebih dulu cek ketersediaan emas yang mereka tawarkan. Jika mereka memang benar memiliki emas seperti yang ditawarkan, bukan tidak mungkin mereka akan membawa kamu ke gudang emas milik mereka. Selain itu, cara-cara lain yang juga patut dicurigai adalah saat mereka melakukan trik “entertain” klien untuk mengikatmu lebih jauh. Biasanya, treat klien baru bisa dilakukan jika klien sudah membawa keuntungan untuk perusahaan. Namun, untuk kasus penipuan, mereka terlebih dahulu men-treat orang-orang yang dinilai bisa menjadi prospek untuk membangun kepercayaan,” Endy memberi saran.

Next

investasi bodongJangan percaya tawaran investasi dengan jaminan

Salah satu ciri yang patut diwaspadai pada usaha-usaha investasi bodong adalah mereka biasanya akan menawarkan bentuk investasi dengan memberikan jaminan tanpa risiko. “Tidak ada satupun investasi yang tanpa risiko, sekalipun kita berinvestasi dalam bentuk yang paling aman. Karena itu, jika ada orang yang menawarkan investasi tanpa risiko, justru sebaiknya harus kamu hindari. Perlu diingat bahwa setiap investasi pasti akan memiliki risiko. Risiko yang timbul itu justru yang harus dikelola secara tepat,” Aidil Akbar memberi saran.

Next

investasi bodongMenghimpun dana masyarakat dalam jumlah massal secara private

Salah satu ciri investasi yang juga patut dicurigai oleh masyarakat adalah saat ada satu unit bisnis yang mencoba menghimpun dana masyarakat secara private. “Tidak ada yang salah dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk membuat satu usaha, dengan catatan tidak lebih dari 49 orang. Jika satu usaha sudah menawarkan investasi kepada masyarakat luas namun perusahaan tersebut masih berstatus perusahaan private, tentu usaha tersebut sudah melanggar peraturan Bapepam. Dan apa risikonya? Bukan tidak mungkin uang yang kamu tanam sebagai investasi tidak akan kembali ketika usaha tersebut suatu saat bangkrut. Kenapa? Karena biasanya jaminan yang mereka gunakan kepada para investor berupa giro mundur, yang artinya uang tersebut tidak akan bisa cair ketika dana tidak ada dan kita tidak memiliki kekuatan untuk menuntut si pengusaha secara hukum untuk mengembalikan uang investasi. Dengan kata lain, uang investasi akan hilang begitu saja bersamaan dengan bangkrutnya usaha,” Aidil kembali menyarankan.

Sadar dan mulai terbuka dengan pentingnya investasi untuk masa depan memang sangat penting. Tapi, akan lebih penting lagi untuk waspada dan cerdas dengan segala bentuk tawaran investasi yang datang. Jangan sampai karena kecerobohan, kita malah akan menuai buntung dan jauh dari untung yang diharapkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading