Sukses

Lifestyle

Info Kesehatan Toilet Jongkok, Jawaban untuk Masalah Sembelit

Next

info kesehatanAda beberapa orang yang cukup tergolong pilah-pilih tempat untuk buang air besar. Tidak semua toilet bisa membuat orang buang air besar. “Anak saya hanya bisa buang air di rumah. Saya juga tidak tahu apa sebabnya. Sekalipun dia sudah merasa sakit perut, tapi kalau bukan di toilet rumah, dia nggak bisa (buang air),” ujar Novi, Ibu rumah tangga.

Nah, selain itu, jenis toilet yang digunakan pada kamar kecil juga cukup memengaruhi orang untuk buang air besar.  “Sejak kecil saya selalu menggunakan toilet jongkok. Pernah ketika tinggal di rumah mertua, saya menggunakan toilet duduk karena memang di kamar mandi sana hanya dipasang toilet duduk. Terlepas dari kebiasaan menggunakan toilet jongkok sejak kecil, tapi saya merasa kalau menggunakan toilet duduk, buang air tidak setuntas ketika saya menggunakan toilet jongkok. Saat pindah ke rumah sendiri, awalnya saya menggunakan toilet duduk, tapi hanya bertahan beberapa bulan dan saya menggantinya dengan toilet jongkok,” Aisyah, Ibu rumah tangga. Di luar adanya info kesehatan tentang dua jenis toilet yang umum digunakan, masyarakat tentu punya pilihan tersendiri yang dipertimbangkan dari segi kenyamanan mereka pribadi.

Next

 

info kesehatanDi berbagai pusat perbelanjaan dan hotel kita memang lebih sering menemukan toilet duduk, terlebih pusat perbelanjaan besar dan hotel bintang lima, walaupun memang masih ada beberapa yang menyediakan toilet jongkok. “Entah kenapa, saya lebih memilih untuk menggunakan toilet duduk dibandingkan dengan toilet jongkok. Sebisa mungkin, ke manapun saya pergi saya harus menemukan toilet duduk. Yang pasti, durasi buang air besar yang biasanya cukup lama, bisa membuat kaki saya pegal dan gemetar jika menggunakan toilet jongkok,” ujar Iqbal, Mahasiswa.

Menurut Daniel Lametti, seorang Neuroscientist dari Inggris, dalam How Bathroom Posture Affects Your Health, posisi jongkok bisa membuat posisi rektum lebih lurus sehingga kita tidak perlu banyak mengeluarkan banyak tenaga untuk buang air besar dan bisa lebih total saat mengeluarkan kotoran. Dalam sebuah penelitian berjudul Digestive Diseases and Sciences yang diterbitkan tahun 2003 oleh seorang dokter dari Israel bernama Dov Sikirov membuktikan bahwa buang air dengan menggunakan toilet jongkok 2 kali lebih cepat dibandingkan saat menggunakan toilet duduk. Bukan tidak mungkin, toilet jongkok bisa menjadi salah satu jawaban buat kamu yang punya masalah sembelit lho. Tidak hanya mencari info tentang obat pencahar, mungkin para penderita sembelit sesekali perlu membaca info kesehatan semacam ini.

Next

 

info kesehatanNamun, tentu tidak semua toilet duduk di tempat umum bersih. Karena itu, selalu sediakan tisu kering dan tisu basah ke manapun kamu pergi. Selalu bersihkan permukaan toilet setiap kali hendak menggunakan toilet umum. Gunakan cairan pembersih yang disediakan dengan tisu untuk mengelap permukaan toilet duduk. Atau jika tidak ada, kamu bisa membersihkan permukaan toilet dengan tisu basah atau mungkin lapisi permukaan toilet dengan kertas pelapis toilet yang sudah tersedia di berbagai toko.

Walaupun menurut penelitian, posisi jongkok baik untuk kelancaran proses buang air besar, tapi bukan berarti kamu bisa jongkok di atas toilet duduk lho. Mengingat justru kamu bisa mengalami cidera akibat terpeleset atau mungkin toilet pecah karena tidak bisa menahan berat badan saat mencoba jongkok di atas toilet duduk. Beberapa alat penunjang yang bisa mengubah toilet duduk menjadi toilet jongkok pun cukup banyak bermunculan. So, kalau pun tidak mungkin untuk mengubah toilet, kamu bisa mengakalinya dengan alat-alat penunjang. Bagaimana, sudah lancar buang air besar hari ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading