Sukses

Lifestyle

Bebas dari Penyakit Musim Pancaroba dengan 'Tidur'

Next

penyakit musim pancarobaStop makan jorok

Diare menjadi salah satu “primadona” saat pancaroba tiba. Ketika diare menyerang maka mau tidak mau kamu harus menjadi “pelanggan tetap” kamar mandi. Letih, lemas, dan lesu pasti hinggap, tak jarang juga muntah menyertai penyakit ini. Karena itu, sebisa mungkin untuk mulai lebih sensitif lagi dalam memilah makanan yang akan disantap. Untuk mengurangi risiko diare yang timbul akibat makanan, usahakanlah untuk membawa bekal dari rumah. Selain terjamin kebersihannya, makanan dari rumah juga mencegahmu telat makan saat tidak bisa keluar kantor karena hujan. Jangan sampai perutmu terlalu sering kosong saat musim hujan, Fimelova. Psst, kebanyakan orang Indonesia percaya kalau ‘masuk angin’ adalah salah satu penyebab timbulnya diare lho, Fimelova.

Istirahat cukup!

Tidak bisa dihindari lagi, rasanya flu menjadi penyakit yang paling populer saat pancaroba tiba. Antrean panjang di dokter dan rumah sakit pun tidak jarang dipenuhi dengan barisan orang-orang demam dengan balutan baju hangat tebal. Salah satu kunci untuk menghindar dari serangan flu saat terjadi perubahan musim adalah dengan tidur yang cukup. “Obat untuk flu Cuma satu! Tidur. Orang yang terkena flu sebenarnya karena mereka kurang istirahat,” ujar dr. Andreas Prasadja, RPSGT, dalam sebuah kesempatan wawancara dengan FIMELA.com. Jadi, buat kamu yang merasa load pekerjaan cukup banyak akhir-akhir ini dan mulai kurang enak badan, segeralah cukupkan waktu istirahat. Istirahat dengan cukup sebelum flu benar-benar menghinggapi tubuhmu.

Next

 

penyakit musim pancarobaGunakan “pengaman”, hindari debu dan bahaya lain.

Alergi biasanya terjadi karena adanya pemicu. “Salah satu penyakit yang tergolong alergi adalah asma. Nah, penyakit-penyakit alergi ini timbul karena pemicu yang biasa disebut dengan allergen. Untuk asma, bermacam hal bisa menjadi allergen, misalnya saja cuaca, rasa manis, ataupun debu,” ujar dr. Iris Rengganis dalam pertemuan dengan FIMELA.com di RSCM, Jakarta. Nah, buat kamu yang memang punya riwayat asma karena alergi, terutama udara dingin dan alergi, kamu harus waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi cukup ekstrim belakangan ini. Panas dan hujan lebat bisa datang silih berganti dengan cepat. Terkadang cuaca dingin cukup esktrim dan juga cukup panas. Sediakan selalu baju hangat dan masker ke manapun kamu pergi untuk mengindari dingin serta debu. Dan yang pasti, jangan pernah tertinggal obat-obatan setiap kali kamu ke luar rumah.

Bersihkan lingkungan rumah

Musim hujan, penyakit datang. Itu semua tentunya tergantung dari gaya hidup dan daya tahan tubuh kita. Karena itu, sebelum musim hujan benar-benar datang, bersihkan rumahmu. Singkirkan barang-barang tidak berguna yang mungkin jadi sarang nyamuk. Pasalnya, pasien dengan penyakit demam berdarah cukup memenuhi rumah sakit setiap kali musim penghujan. Selain membersihkan tumpukan perabot di rumah, jangan sampai juga ada “wadah” terbuka yang bisa menjadi tempat air tergenang. Membiarkan air tergenang di musim hujan sama artinya dengan kamu memberikan tempat untuk nyamuk berkembang biak di sekitarmu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading