Sukses

Lifestyle

3 Cara Kontrol Sifat Dominan di Sebuah Hubungan

Jakarta Sebelumnya, FIMELA.com sudah membahasnya di sini. Nah, Nadya Pramesrani M.Psi. dari Klinik Psikologi Bingkai menjelaskan ternyata ada tiga cara sederhana untuk mengatasinya lho, Fimelova.

Pertama, learn to let go. "Sadari bahwa nggak semua hal bisa dikendalikan artinya tidak semua keputusan harus kamu yang ambil. Ada masanya kamu harus let go akan suatu hal dan memercayakannya pada orang lain. Tidak akan menjadi masalah, kok, bila kamu tidak taking control dalam segala hal," ungkap Nadya.

Kedua, bikin sebuah kesepakatan bersama dengan pasangan. "Diskusikan pembagian tugas terhadap pasangan. Bicarakan di mana saja ranah yang menjadi kekuasaan kamu dalam mengambil keputusan dan begitu sebaliknya. Jangan sampai kamu mengambil keputusan di wilayah yang bukan kawasanmu. Kesepakatan tadi haruslah nyaman terhadap kedua belah pihak," jelas Nadya kembali.

Dan ketiga, deal with the past. "Biasanya orang yang memiliki sifat over controlling cenderung insecure terhadap dirinya sendiri. Mungkin ada suatu kejadian buruk di masa lalu yang membuat seseorang jadi lebih dominan. Ada baiknya kamu harus berdamai dengan kejadian itu dan berusaha membangkitkan self-esteem dalam diri kamu," papar Nadya.

Semoga tiga cara yang dianjurkan Nadya bisa membuat kamu lebih bisa mengendalikan sifat over controlling kamu, ya, Fimelova! It's not only good for others but for yourself!

;
Loading