Sukses

Lifestyle

Tips Bebas Menikmati Kopi Tanpa Perut Kembung

Next

morph coffee

Jakarta Suka aroma kopi? Pengin banget ngopi tapi takut perut kembung? FIMELA.com ngobrol bareng Arief Said, founder Morph Coffee buat cari tahu cara meminimalisasi efek perut kembung usai menikmati kopi. Nah, penting banget nih buat kamu yang selama ini merasa tersiksa saat minum kopi.

Ketika membicarakan kopi berkualitas maka akan lebih baik jika kita mengonsumsi kopi yang berasal dari biji kopi langsung. Rasanya, nggak bisa disamakan sensasi antara menikmati kopi segar yang baru digiling dengan menikmati minuman kopi yang berasal dari kopi pabrikan--tanpa bermaksud mendiskreditkan kopi-kopi tertentu. Bahkan, Arief menyarankan, jika memang kamu termasuk pencinta kopi, kamu diwajibkan untuk memiliki grinder (alat penggiling kopi) sendiri di rumah. "Dengan begitu, kamu bisa selalu merasakan kopi dengan rasa dan aroma yang masih segar," saran Arief. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli kopi.

 

 

(jangan pilih kemasan dengan tulisan 'expired date'!)

 

Next

morph coffee

-    Pilih specialty coffee
Kopi paling aman untuk dikonsumsi adalah specialty coffee. Kenapa? "Jenis kopi yang berani memberi label specialty coffee berarti memberikan jaminan kepada konsumen bahwa kopi mereka minim defective beans (biji kopi yang rusak). Karena itu, buat kamu pencinta kopi, pilihlah specialty coffee untuk konsumsi sehari-hari. Walaupun harganya memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kopi lain, terlebih jika dibandingkan dengan kopi bungkusan," Arief menjelaskan.

-    Jangan pilih kopi yang mencantumkan expired date!
Ternyata, untuk mencari kopi yang berkualitas, kita sangat tidak disarankan membeli (biji) kopi yang mencantumkan expired date pada kemasannya. Kenapa? "(Biji) kopi berkualitas dan roaster yang peduli dengan kualitas kopi tidak akan mencantumkan expired date pada kemasannya. Yang mereka cantumkan adalah roast date. Roast date menunjukkan waktu biji kopi tersebut mengalami proses roasting sehingga kita bisa memperkirakan sampai kapan kesegaran dan aroma kopi ini akan bertahan. "Biasanya aroma dan kesegaran kopi akan bertahan 4-6 minggu setelah di-roasting," tutur Arief.

-    Cari tahu siapa Sang Roaster
"Yang bertanggung jawab di balik biji kopi yang berkualitas adalah seorang roaster. Jadi, untuk pemilihan biji kopi berkualitas lebih jauh, kamu bisa cari tahu dulu siapa roaster yang ada di balik kopi yang akan kamu beli," tutur Arief pada FIMELA.com. Nah, Fimelova, buat kamu yang mengaku sebagai pencinta kopi, kamu masih bisa kok menikmati kopi tanpa harus merasakan nyeri lambung atau rasa nggak nyaman di perut. Hanya saja, kamu harus memastikan kopi yang kamu minum berasal dari kopi berkualitas baik. Arief mengatakan bahwa kopi yang membuat perut kembung biasanya mengandung banyak defective beans. Dan defective beans inilah yang menjadi biang keladi timbulnya rasa nggak nyaman di perut. Perlu dicoba nih tipsnya supaya kamu bisa bebas menikmati kopi tanpa harus merasa kembung setelahnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta