Sukses

Lifestyle

Manfaat Positif dari Arisan, Ajang Kumpul Kaum Perempuan

 

Jakarta Arisan sudah menjadi bagian dari gaya hidup perempuan yang sulit dipisahkan. Mulai dari kota besar sampai kota kecil dan pedesaan, kegiatan berbentuk arisan seringkali ditemukan. Arisan pun mengalami pergeseran makna, mulai dari ajang silaturahmi dan berkumpul, menabung, hingga menjadi ajang gosip bahkan lahan bisnis. It's up to you, Fimelova. Mau ikut arisan atau tidak, itu adalah pilihan pribadi yang sangat personal.

Meskipun sering dikonotasikan negatif, sebenarnya ada dampak positif dari kegiatan yang satu ini, misalnya menjadi ajang silaturahmi dan berkumpul. Untuk kamu yang baru masuk ke sebuah grup arisan, berada di dalam sebuah komunitas baru otomatis akan membuat jumlah kenalanmu bertambah dari berbagai latar belakang sosial dan pekerjaan pastinya. Ambil positifnya saja, semakin banyak kenalan akan membuat pergaulanmu semakin luas, kan? Buat yang sudah saling mengenal, arisan menjadi momen untuk berkumpul. Besarnya jumlah uang tidak jadi masalah, yang penting bisa bertemu dengan teman-teman sepermainan dan bertukar kabar. 

Nah, apakah kamu juga sepakat kalau arisan adalah ajang yang tepat untuk menabung, Fimelova? Walaupun arisan tidak menjamin semua anggotanya menjadi sejahtera, tapi dari sisi ekonomi, kegiatan yang satu ini menanamkan kedisiplinan kepada anggotanya untuk membayar iuran tepat waktu (dan tepat jumlah) untuk memenuhi kebutuhan sesama anggota secara bergiliran. 

Dari ajang arisan sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan selain mengocok dan menunggu siapa yang ‘narik’ di bulan tersebut. Ada grup arisan yang akhirnya juga menjadi komunitas yang melakukan kegiatan sosial seperti menyantuni anak yatim piatu, memberikan bantuan kepada fakir miskin dan lain-lain. Hal itu mereka lakukan diluar kegiatan ini, lho! Kalau bisa jadi ajang tolong-menolong seperti ini kan menyenangkan, Fimelova. Grup arisan bisa jadi komunitas yang juga turut berperan di dalam banyak kegiatan sosial.

Kembali ke soal silaturahmi, ada juga yang menjadikan arisan sebagai lahan bisnis. Selain perempuan dan arisan, perempuan dan berjualan juga sering sekali kita temui di mana-mana kan? Yap tidak jarang ada satu dua anggota grup arisan yang suka membawa barang dagangan untuk dijual kepada teman-teman komunitasnya. Mulai dari kain tradisional, hijab, pakaian sampai yang terbilang mewah seperti perhiasan, berlian dan tas branded. Kalau barang jualannya disukai, efeknya bisa positif melalui promosi dari mulut ke mulut. Dampaknya makin berlipat-lipat kan? Ikut arisan sekaligus bisa mendapatkan income tambahan.

Buat kamu para perempuan yang bekerja, arisan juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan relasi secara profesional, lho! Tidak jarang anggota grup arisan merupakan seorang perempuan yang memenangkan posisi strategis di perusahaan atau mungkin di pemerintahan.

Soal mau ikut atau tidak, lagi-lagi kami menyerahkannya kepada kamu. Ikut apa tidaknya kamu ke dalam sebuah grup arisan sangat dipengaruhi oleh pandangan kamu soal arisan. Well, ambil positifnya saja kalau kamu mau berpikir lebih luas dan open minded.

 

mybmw.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading