Sukses

Lifestyle

Suka Pakai dan Koleksi Batik? Yuk, Belajar Cara Membatik!

 

Jakarta Punya banyak koleksi kain batik di rumah? Atau suka mengenakan outfit bernuansa kain tradisional Indonesia ini? kalau iya, rasanya belum afdol kalau kamu tidak tahu proses pembuatannya. Yuk belajar membatik, Fimelova. Sekarang ini tempat belajar membatik cukup ada di mana-mana!

1. Kampoeng Batik Palbatu

Tempat yang terletak di tengah kota ini menyediakan kursus membatik untuk anak-anak dan dewasa, Fimelova. Kamu akan menerima materi pengetahuan singkat tentang batik (sejarah, filosofi dan lain-lain), praktik membatik seperti membuat pola, menyanting hingga pewarnaan dengan metode colet, peralatan membatik seperti canting, wajan, kompor, bahan-bahan membatik dan juga sertifikat. Program ini sudah diikuti oleh lebih dari 2.000 orang dalam kurun waktu antara 2012 hingga 2014. Kampoeng Batik Palbatu beralamat di Jalan Palbatu IV nomor 17 Menteng Dalam, Tebet, Jakarta SelatanHubungi nomor telepon 021-60640572, 087781671384 (Karim Amin) dan 085313295017.

2. Museum Tekstil Jakarta

Museum yang terletak di alan Aipda KS Tubun nomor 2-4, Tanah Abang, Petamburan, Jakarta Pusat 10260 ini memang tempat disimpannya berbagai macam kain tradisional tanah air. Di Museum Tekstil Jakarta, kamu bisa melihat keindahan corak batik dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Puas menikmati berbagai ragam kain, kamu juga bisa ikut workshop membatik mulai dari proses menggambar batik, mencanting, hingga proses mewarnai kain batik. Biaya untuk kursus kilat dan kursus lanjutan berbeda. Kamu bisa menghubungi mereka di nomor telepon 021-5606613.

3. Museum Layang-Layang

Kaget kalau di sini juga ada program belajar membatik? Ya, walaupun museum tersebut memamerkan aneka koleksi layang-layang, tapi mereka juga memberikan program belajar membatik. Sebaiknya sih kamu datang berkelompok karena workshop membatik diberikan untuk minimal 10 orang. Biaya kursus kilat membatik tersebut dikenakan harga mulai dari Rp 35.000. Langsung saja datang ke Jalan H. Kamang nomor 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kamu bisa menghubungi mereka di nomor telepon 021- 7658075.

4. Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java

Sanggar Jawa Jawi merupakan sanggar budaya yang juga menyediakan program belajar membatik. Di sini tersedia beragam kelas batik seperti mulai dari dasar hingga profesional. Ada beberapa kelas seperti Kelas Batik, Kelas Intermediate, Kelas Advance dan One Day Course. Untuk sekadar berkenalan dengan teknik membatik, kamu bisa memulainya dengan mengambil kelas One Day Course. Datang saja ke Jalan BDN II 49,Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Kamu bisa menghubungi mereka di nomor telepon 021-7658229 dan fax ke 021-7658229

5. Museum Batik Yogyakarta

Tidak salah kalau kamu belajar membatik di kota berjuluk kota pelajar ini. Yogyakarta memang salah satu daerah di Jawa yang identik dengan batik. Salah satu tempat yang bisa kamu datangi untuk belajar membatik adalah Museum Batik Yogyakarta. Kamu bisa menyesuaikan lamanya kursus dengan kebutuhan kamu. Misalnya per jam atau per paket untuk lima pertemuan. Bisa sekalian liburan juga, Fimelova. Kamu tinggal datang ke Museum Batik Yogyakarta yang beralamat di Jalan Dr. Sutomo 13 A RT.049 RW.12 Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. Hubungi nomor telepon 0274-562338 kalau kamu ingin mencari informasi terlebih dulu.

6. Batik Rosso Yogyakarta

Beberapa desa wisata dan galeri batik di Yogyakarta biasanya menawarkan praktek membatik. Salah satunya adalah Batik Rosso di Jalan Wonosari, Bantul, Yogyakarta. Tidak hanya pada saat melukis batik, kamu juga bisa melihat proses membatik sampai penjemuran. Juga proses pembuatan pewarna alami yang dipakai dalam pembuatan kain batik. Semua proses bisa kita saksikan. Kamu bisa mengunjungi Batik Rosso yang terletak di Jalan Wonosari Km 7, Wiyoro Kidul, Banguntapan Bantul, Yogyakarta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading