Sukses

Lifestyle

Langkah Jitu Membangun Rasa Percaya Diri

Jakarta Rasanya sangat tidak enak. Sering sekali saya merasa terkucil, merasa rendah, terutama dalam hal berkomunikasi. Contohnya disaat ngobrol dengan orang yang baru saya kenal. Saya sering mengalami momen dimana saya kehabisan topik obrolan, tidak tahu harus berkata apa, kemudian jadi berpikir pada diri sendiri, “Memangnya saya kurang menarik dan membosankan, ya? Kurang pintar ya?”

Bahkan di saat saya sedang ingin memulai karir, perasaan minder itu selalu melanda. Saya selalu memikirkan apa yang akan orang lain pikirkan terhadap saya, selalu merasa bahwa saya kalah saing dan tidak ada apa-apanya dibandingkan yang lain. Ibaratnya pada saat itu saya sudah kalah sebelum perang. 

Banyak orang menyuruh saya untuk percaya diri tetapi tidak pernah memberitahu bagaimana caranya. Mereka cuma bisa bilang “Pede aja lagi!” Seolah-olah berubah jadi orang yang “pede” itu semudah membalikkan telapak tangan.

Apakah kamu pernah merasa seperti itu, Fimelova?

If your answer is yes, then congratulations. Karena langkah pertama untuk menghilangkan perasaan kurang percaya diri adalah untuk mengakui bahwa itu adalah hal yang kamu rasakan. Karena semakin kamu menolaknya, semakin kuat perasaan tersebut. 

Untuk membangun kepercayaan diri, yang perlu dirubah adalah pola pikir dan attitude (sikap). Ada banyak aspek yang memengaruhi rasa percaya diri, tetapi beberapa strategi di bawah ini bisa menjadi langkah jitu untuk membangun rasa “pede” dalam diri kamu, yaitu:

  1. Jujur terhadap diri sendiri. Temukan kelebihan dan kekuranganmu, dan fokus terhadap kelebihan yang kamu punya. Ketika kamu jujur terhadap diri sendiri, kamu akan lebih berani untuk meraih mimpimu.
  2. What you think, you become. Sering-sering membayangkan diri kamu sebagai sosok yang percaya diri. Atau mengucapkan afirmasi “Saya percaya diri!” berulang-ulang setiap hari.

  3. Gesture tubuh adalah salah satu pendongrkak rasa percaya diri. Tegakkan badan, busungkan dada dan tersenyumlah - karena dengan begitu kamu akan memancarkan aura yang positif ke sekelilingmu. 

  1. Berpakaian yang baik. Pakaian yang kamu pakai bisa menggambarkan sifat dan kepribadianmu. Kamu bisa menjadi sangat percaya diri ketika tampil dengan mengenakan pakaian yang sesuai dengan occasion yang ada, dan terutama pas dengan badanmu sendiri. 
  1. Constantly improve yourself. Banyak latihan, baca buku, dan juga gali setiap potensi yang ada dalam diri kamu semaksimal mungkin agar kamu berani dan bisa tampil dengan prima di hadapan orang lain.

Perubahan-perubahan tersebut memang tidak gampang untuk dilakukan, Namun, sesuatu yang dibangun secara bertahap dan konsisten akan memberikan hasil yang lebih permanen daripada sesuatu yang dibangun secara instan.

Semangat terus dalam membangun rasa percaya diri, Fimelova! Trust me, it’s worth it.

  

Love,

Tatjana

 

Foto: Windy Sucipto

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading