Sukses

Lifestyle

Komunikasi Adalah Kunci Kesuksesan

 

Jakarta Apa yang kamu bayangkan soal sukses? Menempati posisi bergengsi di kantor, memiliki usaha yang berkembang, punya uang banyak atau mampu mendidik dan membesarkan anak-anakmu? Arti dari kesuksesan dari setiap orang pasti berbeda. Jadi indikator bagi seseorang dinyatakan sukses juga sangat relatif. Tapi menjadi sukses sudah pasti jadi tujuan hidup setiap orang.

Motivator Hilbram Dunar mengatakan, menjadi sukses butuh motivasi, rasa ingin tahu yang besar, rasa penasaran dan rasa tidak berpuas diri. Namun di dalam semua itu, kita tetap diharuskan untuk bersyukur dan jangan berhenti berusaha, Fimelova. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menjadi sukses. Pertama adalah berpikir lebih awal, bersiap lebih baik dan bertindak efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

“Sukses juga tidak lepas dari komunikasi. Terlepas dari banyaknya definisi atau arti dari komunikasi, komunikasi yang efektif adalah saat apa yang kita dan lawan bicara sampaikan dimengerti oleh kedua belah pihak,” ujar Hilbram.

Sesuai dengan standar ilmu komunikasi, tujuan komunikasi antara lain adalah mengajak, meminta, memengaruhi, menjual, menyuruh dan menghipnotis. In a good way pastinya, Fimelova. Selain itu, ada tiga hal dalam berkomunikasi yang menjadi standar dalam public speaking, yaitu verbal, vocal dan visual. Kombinasi ketiganya ini yang menentukan apakah proses komunikasi yang kamu lakukan efektif atau tidak. Berdasarkan survey, ternyata aspek verbal memenag peranan penting dalam komunikasi yaitu sebesar 55%. Sementara vokal dan verbal berkontribusi sebesar 38% dan 7%.

“Penampilan memegang peranan penting dalam proses komunikasi. Setelah itu cara menyampaikan dan apa yang disampaikan baru akan didengarkan. Kombinasi antara penampilan dengan kemampuan seseorang dalam menyampaikan apa yang ingin dia sampaikan jadi sangat penting,” tegas Hilbram.

Rasanya hal ini sangat akrab dengan keseharian kita ya, Fimelova? Di manapun, kita pasti akan melakukan komunikasi. Tujuan akhirnya sudah pasti adalah kesuksesan. Di samping itu, penampilan kita sebagai seorang perempuan juga sangat penting dalam membangun image yang baik. Yuk mulai memperbaiki diri, dimulai dengan menentukan target kesuksesan, memperbanyak usaha, memperbaiki cara berkomunikasi dan jangan lupa, perbaiki penampilan kita juga ya.

Loading