Sukses

Lifestyle

Perempuan Modern Bisa Miliki Karier Bagus, Tanpa Harus Keluar Rumah

Jakarta Meski isu emansipasi perempuan ramai disuarakan di abad 20 ini, rasanya kodrat tradisional perempuan masih terus mengakar, terutama bagi perempuan-perempuan Indonesia yang masih memegang teguh budaya ketimuran. Hal tersebut lah yang dirasakan oleh Amanda Hartanto, pemilik brand Amanda Hartanto Batik.

Sebagai desainer batik yang merancang motif batiknya sendiri, Manda (begitu ia akrab dipanggil) sangat mencintai kain tradisional ini. Seperti sebuah panggilan, lulusan S1 Kriya Tekstil ini sudah mulai jatuh cinta pada batik semenjak kuliah. Proses dan teknik pembuatan batik yang luar biasa hingga memakan waktu hingga tahunan serta makna filosofis yang ada pada motifnyalah yang membuat Manda sangat mencintai kain warisan budaya nusantara ini.

Melihat kecintaannya pada batik, tentu perempuan satu ini sangat mengerti akan adat ketimuran khas Indonesia. Di zaman modern seperti sekarang, perempuan memang dituntut multitasking di mana ia tidak hanya berperan sebagai istri dan ibu rumah tangga, tapi juga perempuan karier. Meski perempuan terkesan harus bekerja di luar rumah, Manda mempunyai opini pribadinya. 

“Saya sendiri bukan tipe orang yang bekerja di luar, saya bekerja di rumah karena saya berbisnis online. Menurut saya, tidak ada kewajiban bagi perempuan bekerja di luar rumah. Namun, saya berpesan untuk perempuan Indonesia, kalau sudah memilih satu pekerjaan entah itu bekerja di rumah sebagai ibu rumah tangga atau bekerja di luar rumah sebagai perempuan karier sekalipun, bersungguh-sungguhlah sampai 100% dan bahkan 150%,” tutur Manda saat berkunjung ke kantor FIMELA.com. 

“Kita harus menuangkan seluruh kemauan kita dari hati yang terdalam. Apapun yang kita putuskan harus kita jalani dengan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal. Jika kamu ibu rumah tangga, jadilah ibu rumah tangga yang baik dan mulia. Jika kamu perempuan karier, jadilah perempuan karier yang sukses. Jika kamu pengusaha maka jadilah pengusaha sukses dan bisa diakui semua orang bahwa kamu hebat.”

Sebagai perempuan Indonesia, desainer yang bercita-cita mempunyai butik di Paris ini mengaku bahwa perempuan pribumi memiliki keunikan tersendiri. “Karena budaya kita adalah gotong royong, saya merasa perempuan Indonesia bisa mandiri tanpa lupa bahwa mereka hidup bersama orang lain di sekitarnya. Juga bisa membagi waktu antara bersosialiasi dan bekerja.”

Walau tetap sibuk bekerja dari rumah dengan bisnis clothing line batik yang ia jual secara online, nyatanya hal tersebut tidak membuatnya melupakan kehidupan sosialnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya artis yang memakai koleksi rancangan Manda.Tanpa di-endorse atau dibayar, artis seperti Olla Ramlan dan Sarah Sechan memfavoritkan rancangan Amanda Hartanto Batik untuk pemotretan. “Itulah pentingnya berkomunikasi dengan baik dengan semua konsumen,” akunya.

Memasuki bulan April dan memperingati hari kelahiran Kartini, pejuang emansipasi perempuan, sepertinya sangatlah layak jika menyebut Amanda sebagai sosok Kartini modern. Persamaan derajat dalam berkarya dan mengikuti perkembangan zaman, namun tidak meninggalkan kodratnya sebagai perempuan yang memang sudah seharusnya berada di rumah rasanya sangatlah bijaksana. “Menurut saya Kartini modern adalah perempuan mandiri yang selalu bekerja keras dan mempertahankan harga dirinya serta memperjuangkan emansipasi perempuan,” tutup Manda.

Karena pesan yang disampaikan Amanda untuk perempuan Indonesia inilah, Baygon – sebagai brand yang lekat dengan dunia perempuan dalam melindungi kenyamanan keluarga di rumah – berharap perempuan Indonesia bisa menjalankan tugasnya, entah itu sebagai ibu rumah tangga ataupun perempuan karier, dengan sungguh-sungguh dan penuh perhatian. Do your job to the fullest, Fimelova.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading