Sukses

Lifestyle

Film Indonesia “Emma” Berjaya di Negeri Sakura

Jakarta Jika Eropa punya Cannes Film Festival, maka Asia punya Tokyo International Film Festival. Tahun ini, Tokyo International Film Festival ke-29 diselenggarakan di Roppongi Hills dari tanggal 25 Oktober hingga 3 November 2016. Sebanyak 200 film dari seluruh dunia diputar di acara penghargaan tahunan ini, dimana 16 di antaranya masuk sesi kompetisi.

Sejumlah film dari negara-negara Asia turut diputar di TIFF. Bukan sembarang film, karena film-film dengan kualitas terbaiklah yang dapat masuk screening festival film yang pertama kali digelar tahun 1985 ini. Di situs Asian Film Festivals, ada 15 judul yang dikatakan sebagai film yang tidak boleh dilewatkan di TIFF. Lima belas film tersebut berasal dari Jepang, Singapura, Kamboja, dan Indonesia.

Ya, film Indonesia juga turut diputar di TIFF. Film arahan sutradara Riri Riza yang dibintangi Cut Mini, “Athirah” dengan judul internasional “Emma”, disebut sebagai salah satu film ‘wajib nonton’. Melihat dari cerita yang disuguhkan serta akting Mini yang begitu mendalami karakter Athirah, tidak heran jika film produksi Miles Films ini diputar di festival film bergengsi di kawasan Asia ini.

“Athirah” diangkat dari novel berjudul sama yang menceritakan soal kehidupan ibunda Wakil Presiden RI saat ini, Jusuf Kalla. Athirah adalah perempuan Bugis yang dihadapkan pada polemik rumah tangga, dimana ia harus berjuang dan bersabar ketika suaminya menikahi perempuan lain.

Di Indonesia sendiri, “Athirah” telah menuai banyak prestasi, di antaranya adalah mendapat 10 nominasi pada Festival Film Indonesia 2016 dan satu nominasi pada Anugerah Apresiasi Film Indonesia 2016. Selain TIFF, “Athirah” juga telah diputar di Vancouver International Film Festival dan Busan International Film Festival.

;
Loading