Sukses

Lifestyle

Aplikasi Mindfulness di Smartphone untuk Terapi Stress dan Depresi

Jakarta Mengawali hari dengan sarapan, namun kita tak sepenuhnya menikmati setiap sendok makanan yang masuk ke mulut. Yang ada justru pikiran kita melayang kemana-mana, seperti memikirkan deadline pekerjaan, puluhan email yang harus dibalas, dan bahkan sampai hal kecil seperti outfit apa yang akan dipakai saat kencan pertama dengan si dia nanti. Ini adalah salah satu contoh betapa ‘sibuknya’ otak di tengah sibuknya hari.

Tak bisa dipungkiri, saking banyaknya hal yang perlu dipikirkan, terkadang kita jadi merasa tertekan. Stress dan depresi, rasanya tidak ada individu yang tidak pernah mengalaminya. Jika akhir-akhir ini (atau bahkan hampir setiap hari) kamu merasa tidak menikmati setiap aktivitas yang kamu lakukan karena ‘kesibukan otak’, maka kamu perlu fokus pada satu kata ini: mindfulness.

Tengah jadi istilah yang nge-trend belakangan ini, mindfulness adalah memusatkan perhatian dan menghayati apa yang sedang kita lakukan. Mindfulness ekual dengan meditasi yang berfungsi sebagai terapi stress. Lalu, bagaimana cara mempraktekkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari? Contohnya, saat minum teh. Cobalah nikmati gerakan saat menyeruput teh, seperti menghirup aromanya, merasakan panas dinginnya, serta memperhatikan warnanya.

Mereka yang mempraktekkan mindfulness dalam kegiatan sehari-hari mengakui bahwa kualitas hidup mereka berubah, dimana perasaan bahagia semakin meningkat dan tingkat stress menurun. Penelitian di Oxford University juga menemukan bahwa 38% pasien depresi yang mendapat terapi kognitif mindfulness tidak mudah kambuh depresinya dalam jangka 60 bulan, dibanding 49% pasien yang tidak mendapat treatment tersebut.

Jika tak ada waktu untuk bermeditasi, latihan mindfulness bisa dijadikan pilihan untuk menghindarkan diri dari pikiran-pikiran negatif serta menjaga ketenangan pikiran. Dan hidup di era millennial seperti sekarang, kita semakin dimudahkan dengan adanya aplikasi mindfulness di smartphone yang dapat membantu kita dapatkan kualitas hidup yang lebih positif. Apa saja? Click the next page to find out.

Image: Vogue

Next

Headspace

Next

Stop, Breathe, & Think

Next

Buddhify

Next

Calm

Next

Walking Meditations

Loading
Artikel Selanjutnya
Bunuh Diri, Caroline Flack Disebut Sempat Depresi
Artikel Selanjutnya
6 Menu Makanan Pereda Stres