Sukses

Lifestyle

Lawan Stress Karena Pekerjaan dengan Yoga di Meja Kerja Ini

Jakarta Menghabiskan waktu lama di depan laptop atau komputer  kini sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi jika pekerjaan menuntut kita untuk menghabiskan waktu duduk di depan komputer sepanjang hari. Bukan rahasia lagi bahwa menghabiskan waktu terlalu lama di depan komputer tidak baik untuk kesehatan. Bukan hanya tidak baik untuk mata, namun juga bisa sampai menyebabkan kerusakan tulang belakang.

Duduk terlalu lama di depan komputer menyebabkan otot kita tegang dan memberikan rasa pegal-pegal di bagian tubuh seperti punggung, leher, ataupun lengan. Di internet, kita sudah dapat menemukan banyak situs yang memberikan saran gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk meminimalisir masalah tersebut. Tidak hanya itu, gerakan-gerakan tersebut pun dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan kursi tempat kita bekerja.

Dari banyaknya pilihan gerakan yang bisa dilakukan, FIMELA telah memilih 7 gerakan yoga yang bisa dengan mudah kita lakukan di sela-sela waktu kerja untuk tubuh yang lebih fit tanpa harus meninggalkan pekerjaan. 

Ada alasan memang seni penyembuhan Yoga bertahan begitu lama, bahkan tetap populer saat begitu banyak jenis olahraga baru yang lebih hip. Karena memang dampaknya nyata, dan mudah dilakukan siapa pun, kapan pun, di mana pun.

Next

Seated Backbend

Posisikan badan kita untuk duduk di bagian ujung depan kursi. Tegakkan badan dan luruskan tulang punggung. Tarik napas perlahan sembari membusungkan dada. Agar maksimal, letakkan kedua telapak tangan di belakang kursi, sehingga membantu menjauhkan bahu dari leher kita.  Tahan posisi ini salama beberapa menit sambil menarik dan membuang napas kita dalam-dalam.

Next

Seated Twist

Masih dalam posisi duduk yang sama, miringkan badan ke arah kiri menggunakan otot pinggul dan tulang punggung bagian bawah (bukan bahu dan tulang punggung atas). Letakkan tangan kiri kita di bagian sandaran tangan atau bagian belakang kursi untuk membantu menarik badan kita se dalam mungkin. Tarik dan buang napas sampai kurang lebih 8 kali. Lakukan ke arah sebaliknya.

Next

Seated Crescent / High Altar Pose

Angkat tinggi kedua lengan kita dan rentangkan seluruh bagian tangan sampai jari-jari. Sembari direntangkan, arahkan lengan ke kiri. Tarik dan buang napas sampai tiga kali. Lakukan ke arah sebaliknya.

Next

Wrist Release

Rentangkan tangan ke samping. Putar kedua pergelangan tangan kita 5-10 kali secara bergantian. Setelah itu, rentangkan satu tangan ke arah depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Dengan menggunakan tangan lainnya, tarik jari-jari tangan kita ke arah atas. Tahan posisi ini sampai 10 hitungan. Kemudian lakukan hal serupa, kali ini dengan telapak tangan menghadap ke bawah, bawa jari-jari kita menghadap bawah dan dorong ke dalam. Kembali lakukan posisi ini dalam 10 hitungan. Lakukan gerakan ini untuk kedua tangan.

Next

Chair Lower Back Stretches

Ambil posisi duduk seperti di 2 gerakan awal. Kali ini, rentangkan kaki sedikit lebih lebar dari posisi pinggul dan bahu kita. Perlahan, bungkukan bagian atas badan kita dimulai dari pinggul. Bungkukan badan sampai bagian dada menyentuh paha kita. Lipat kedua lengan menyerupai posisi memeluk. Atau, kita juga bisa membebaskan tangan menyentuh lantai. Posisikan badan senyaman mungkin dan lemaskan seluruh bagian badan. Tahan posisi ini selama yang kita mau sampai benar-benar merasa rileks.

Next

Ankle to Knee

Masih dengan posisi duduk yang sama dengan beberapa gerakan sebelumnya, lipat kaki kanan dan letakkan di atas paha kiri kita. Lemaskan telapak kaki. Sebagai tambahan, kita juga bisa mengarahkan badan menghadap kaki yang sedang dilipat dan tarik  ke dalam seperti gerakan nomor 2. Lakukan gerakan ini pada kedua kaki kita selama 10 kali menarik napas.

Next

Desk Plank

Plank cukup populer untuk dilakukan sebagai daily exercise karena gerakannya yang mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan alat apapun. Jika biasanya gerakan plank dilakukan sambil bertumpu pada lantai, coba lakukan gerakan plank dengan tumpuan kursi kita. Letakkan kedua tangan kita di kursi dan mundurkan kaki sampai tubuh membentuk garis diagonal. Beberapa kali tekan pinggul ke dalam secara perlahan sampai tulang punggung kita terasa tertarik. Tahan gerakan ini selama beberapa hitungan. 

Next

Ada alasan memang seni penyembuhan Yoga bertahan begitu lama, bahkan tetap populer saat begitu banyak jenis olahraga baru yang lebih hip. Karena memang dampaknya nyata, dan mudah dilakukan siapa pun, kapan pun, di mana pun. 

Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading