Sukses

Lifestyle

Paduan Kuliner Rumahan Artisanal dan Musik Indonesia Tempo Dulu di Kaum Jakarta

Jakarta
 

A post shared by Stanley Dirgapradja (@stanleydirgapradja) on

 

Yang pertama ada di Hong Kong, kedua di Bali. Di Jakarta, Kaum bisa ditemukan di kawasan Menteng, persis di samping Graha Mandiri kawasan Imam Bonjol, Menteng.

Mencakup dua petak rumah tua yang mendapat sedikit perubahan wajah, bagian depan Kaum terlihat seperti rumah-rumah di era 80-an. Yang menyenangkan, ada area luar dengan meja kursi, dikelilingi tanaman. Asik untuk menikmati sore, bersama cocktail atau kopi dingin favorit sambil mendengarkan musik-musik Indonesia lama yang memang jadi fokus di Kaum Jakarta. Musik yang sama akan di-remix oleh dj terpilih pada event-event malam hari.

Ada ruang makan utama yang bernuansa industrial, sedikit terasa mirip hanggar pesawat, dengan open kitchen, area khusus untuk pameran yang didedikasikan bagi seniman-seniman baru Indonesia, serta seatings area yang berdampingan dengan area bar. Bagian dinding dihiasi oleh motif ukir bernuansa tribal, yang terinspirasi dari motif khas masyarakat dayak. This one is also special, mengingat Kaum Hong Kong menggunakan motif Toraja di dinding mereka.

Soal makanan, bila menggemari makanan rumahan Indonesia dengan cita rasa otentik, terinspirasi dari kuliner berbagai daerah di Indonesia, serta melalui proses pemilihan bahan regional berkualitas tinggi, juga pengolahan yang khusus, Kaum menyajikan itu. Bayangkan garam yang juga diolah secara khusus. Bukan garam beryodium biasa. Melainkan garam yang diendapkan di pohon kelapa. How exotic is that? Yang membuat konsep artisanal ini semakin kuat rasanya karena supervisi aktivis kuliner ternama tanah air, yang juga berperan sebagai Brand Director Kaum, yaitu sosok Lisa Virgiano.

Selain area makan yang besar ini, ada area lain yang bisa dipesan secara khusus untuk makan bersama group 10 hingga 20 orang yang lebih intim. Dengan begitu banyak restoran modern menawarkan makanan barat, menyenangkan untuk kembali mendapat pilihan makanan bercita rasa Indonesia yang otentik. One side note, Kaum Hong Kong sudah mendapat pengakuan dari Micheline guide. So, the one in Jakarta and Bali, hopefully having the same standards, should be able to provide us with the same kind of quality and service nevertheless.

Secara dekor dan interior, Kaum menjaga benang merah pendekatan heritage yang artistik di semua restorannya. Dibungkus dengan suasana old times, serta vibe tropikal yang begitu casual. Open kitchen yang selalu sibuk bisa menjaga kita untuk tak terlalu melankolis, karena penerangan area makan yang nampaknya dijaga cukup temaram.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip