Sukses

Lifestyle

Ramadhan Tak Hanya Puasa, Tapi Juga Komitmen untuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Jakarta Tak terasa sudah memasuki minggu ketiga Ramadhan, bagaimana puasamu? Menahan lapar selama puasa, dan punya agenda buka bersama sahabat lama selama Ramadhan memang jadi hal seru, yang bisa jadi penyambung kembali tali silaturahmi yang biasanya renggang di luar bulan puasa (admit it). Namun sebenarnya,  poin paling penting justru adalah Ramadhan bukan hanya waktu dimana kita berpuasa sebulan penuh. Fasting during Ramadan isn't really just about food.

Beberapa manfaat untuk kesehatan mampu kita dapatkan selama berpuasa sebulan penuh. Puasa merupakan salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah. Selain untuk membersihkan diri secara rohani, puasa di bulan Ramadhan bertindak sebagai detoksifikasi yang fantastis bagi tubuh. Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari,  tubuh akan ditawarkan kesempatan langka untuk detoksifikasi sistem pencernaan sebulan penuh. Puasa mengurangi gula darah, menurunkan darah tinggi, meningkatkan imunitas dan nilai plusnya lagi, berpuasa selama bulan Ramadhan juga jadi saat yg tepat bagi kita yang selalu memiliki wacana diet. Menurut pakar gizi klinik Universitas Indonesia Rita Ramayulis, puasa selama sebulan penuh mampu menstabilkan berat badan dan mampu menciptakan berat badan yang ideal nantinya. Tentu bila dilakukan dengan benar dan teratur.

Berbagai rangkaian ibadah dengan pahala yang berlipat pun bisa dilakukan. Bukan hanya sholat wajib dan sunah saja, namun berbagai kegiatan amal juga bisa dilakukan. Charity misalnya, berbagi rezeki kepada yang kurang mampu, tak hanya menambah pahala di bulan Ramadhan, namun juga membawa kebahagiaan bagi pribadi sendiri. Hasil kajian Elizabeth Dunn, pakar psikologi dari University of British Columbia, Vancouver, Kanada pada Maret 2008 dengan judul “Spending Money on Others Promotes Happiness” (Membelanjakan Uang untuk Orang Lain Meningkatkan Kebahagiaan) menyatakan bahwa rasa bahagia yang diperoleh dari menghabiskan uang untuk membeli kebutuhan atau barang keinginan tidaklah lebih besar, dibandingkan rasa bahagia yang kita dapatkan ketika menghabiskan uang untuk berbagi dengan orang lain. The power of sharing!

Well, berbagai kegiatan dari mulai berpuasa, ibadah sholat, silaturahmi, sampai beramal di bulan Ramadhan, sebenarnya tak hanya memiliki manfaat untuk mencari pahala secara religi. Namun, bisa jadi salah satu proses refleksi dan pemurnian spiritual diri untuk, pertama, lebih dekat dengan sang pencipta, kedua, lebih mengenal pribadi kita sendiri. Proses lebih dekat dengan diri sendiri untuk mengetahui apa yang telah kita tinggalkan selama ini, dan berupaya untuk memperbaiki segala sifat dan kebiasaan yang kurang baik bagi diri sendiri maupun untuk orang sekitar. It’s all about positivity sebenarnya. Dengan tujuan di penghujung bulan, dalam menyambut hari raya, hari penuh kemenangan, kita bisa jadi pribadi baru yang lebih baik dari sebelumnya. 

Seperti yang sempat dikatakan aktor laga Vin Diesel yang mengagumi puasa Ramadhan yang dijalankan saudaranya. Bulan Ramadhan itu adalah periode dimana kita diuji untuk bisa berkomitmen menjadi manusia yang lebih baik. Butuh komitmen yang tinggi bukan, untuk bisa berpuasa sebulan penuh?

 

(Picture of getty images)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading