Sukses

Lifestyle

5 Tips Penting dari TV Host David John Schaap untuk Berani Traveling Sendiri

Jakarta Traveling menjadi kegiatan menyenangkan untuk menangkan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan yang monoton. Asalkan punya niat dan kemauan (serta finansial yang cukup tentunya), aktivitas yang juga dapat jadi media refleksi diri ini bisa dilakukan kapan saja.

Membahas topik traveling, solo travel menjadi trend yang mulai digemari oleh banyak perempuan urban. Solo travel adalah kegiatan berlibur ke suatu tempat baru yang dilakukan seorang diri. Pastinya, untuk kita yang ingin menjadi solo traveler, selain memiliki niat kita pun harus mempunyai keberanian yang tinggi.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh traveler dan TV Host terkenal, David John Schaap, yang FIMELA temui di Bali, di tengah peluncuran produk sunscreen lokal, Bali Breeze. David membagi beberapa tips untuk kita perempuan yang ingin mencoba kegiatan menantang ini.

Mulai dari traveling di negara sendiri

Indonesia memiliki destinasi wisata yang nggak kalah menarik dengan negara lain. Dari panorama alam pegunungan, pantai, wisata kota klasik sampai modern, semua ada. Mulailah solo travel di negara sendiri. Ini sekaligus bermanfaat melatih diri untuk lebih mandiri dan berani mengenal lingkungan luar, di luar comfort zone sehari-hari.  Banyak melakukan traveling di negara sendiri, secara tidak langsung, juga turut membantu perekonomian lokal.

Lakukan riset sebelum memutuskan untuk solo travel

Melakukan persiapan matang dan terencana akan lebih baik. Ini juga berguna untuk menghemat waktu saat kita tiba di tempat tujuan. Riset dilakukan tidak hanya untuk mencari tujuan wisata yang akan dikunjungi. Riset juga perlu dilakukan untuk mencari tahu situasi kota, daerah, atau tempat yang akan didatangi. Hal ini bertujuan agar kita lebih mengenal tempat wisata tersebut. Misal, bagaimana cara bersosialisasi masyarakatnya, persediaan transportasi, makanan yang umum dinikmati oleh masyarakat lokal, atau bahkan aturan adat yang kita belum tahu.

Gunakan pakaian senyaman mungkin

Berhubung kita melakukan solo travel yang artinya “seorang diri”, David menegaskan hindari menggunakan pakaian yang tidak lazim. Pakaian yang nyaman, tertutup, namun tetap terlihat stylish akan lebih baik. Cara ini juga bertujuan untuk menjaga diri kita dari risiko yang rentan dialami oleh perempuan saat berpergian seorang diri.

Simpan nomor-nomor penting di smartphone

Mintalah nomor telepon hotel dan pihak keamanan setempat. Selain bermanfaat untuk menolong kita saat “kesasar”, nomor-nomor penting ini juga dapat membantu saat kita berhadapan dengan hal tidak diinginkan, seperti barang hilang, sakit, atau (jangan sampai) bertemu orang dengan niat tidak baik.

Pilihlah tempat penginapan yang aman dan nyaman

Ingin solo travel dengan budget minimal boleh saja. Namun, jangan lupa mengutamakan keamanan terlebih dulu. Jika memutuskan untuk menginap di hostel sejenis dorm yang menjadi penginapan favorit para backpacker, pilihlah dorm khusus perempuan daripada campuran. Selain lebih aman, cara ini juga akan membuat kita lebih nyaman saat beristirahat.

Last but not least, enjoy your trip!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading