Sukses

Lifestyle

Indonesia, Negara Nomer Satu di Dunia Soal Frekuensi Membuat Instagram Story

 

Jakarta Instagram memang mengambil bagian besar dari aktifitas dunia maya semua orang khususnya di Indonesia sendiri. Fitur yang kini tengah digandrungi adalah Insta story. Sedikit kilas balik, sebelum adanya Insta story, fitur media sosial berupa video berdurasi 15 detik ini dulu pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat yang juga merupakan satu aplikasi media sosial. Benar saja, di pertengahan tahun 2015 sampai 2016 semua pengguna medsos sampai selebriti hollywood jatuh cinta dengan fitur video yang memberikan filter dengan wajah-wajah lucu, sebut saja filter wajah anjing yang mendunia pada waktu itu. Namun kini, semua orang telah berpindah hati ke fitur Insta story oleh Instagram. 

Merayakan ulang tahun pertama Instastory tepat di bulan Agustus tahun ini, Instagram merilis beberapa fakta, angka follower dan like terbanyak, termasuk tag lokasi paling populer yang menggunakan Insta story. Alih-alih kota populer seperti Tokyo atau London, peringkat nomer satu pengguna Insta story paling banyak ternyata berasal dari tanah air, Jakarta, Indonesia. Fakta ini sampai menghebohkan dunia maya, bahkan sampai menjadi satu bahasan di Vogue.com

Meskipun Instagram tidak mengungkapkan mengapa sebenarnya Jakarta begitu populer, Vogue  mengira bahwa hal tersebut dikarenakan tampaknya Jakarta memiliki daya tarik kehidupan malam yang hebat, wisata kuliner yang beraneka ragam dan pemandangan  lampu kota yang menakjubkan.  Memang bukan Jakarta saja yang memiliki daya tarik serupa, namun dengan fakta 45 juta pengguna Instagram berasal dari Indonesia, yang dimana masing-masing mengunggah lebih dari satu klip insta story setiap harinya. Dengan tingkat keterlibatan tersebut, masuk akal bahwa Jakarta berada di urutan teratas daftar tag lokasi Insta story. 

Indonesia bukan hanya pasar terbesar Instagram di kawasan Asia Pasifik, namun menyumbang sekitar 6 % pengguna di keseluruhan aplikasi. Menurut Sri Widowati, direktur nasional Facebook Indonesia kepada Vogue, bahwa bagi masyarakat Indonesia, berbagi momen penting adalah bagian dari budaya, maka tak heran Indonesia telah menjadi salah satu produsen konten Instagram Story terbesar. Tidak mengherankan bila Indonesia melahirkan banyak influencer sampai ada sebutan Selebgram melalui media Instagram. Sebut saja selebriti tanah air seperti Syahrini yang  kini memiliki jumlah follower 18 juta dan beberapa selebriti Instagram yang memiliki puluhan juta pengikut di Instagram. Bisa di bilang satu prestasi yang lucu mungkin?

(Photo : Vogue)

;
Loading