Sukses

Lifestyle

Tahun Baru, Jakarta Punya Kereta Baru, Lebih Mudah ke Bandara dari Tengah Kota

Jakarta Tahun baru mungkin jadi waktu yang cukup menggembirakan bagi para masyarakat Ibukota. Sebab, salah satu alat transportasi alternatif untuk dapat menjangkau Bandara Internasional Soekarno Hatta tepat waktu, kini mulai beroperasi. Railink, salah satu jaringan kereta listrik dengan mesin buatan Swedia dan interior dari Cina, mudah-mudahan bisa jadi solusi masyarakat Jakarta untuk pergi ke Bandara dengan waktu yang cukup singkat, tentunya tanpa harus bermacet-macetan dengan kendaraan beroda 4 seperti biasanya. 

 

Kereta bandara ini nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 kursi dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. Waktu tempuh untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta bandara diperkirakan kurang lebih selama 55 menit. Sebenarnya, kereta bandara ini akan beroperasi di mulai dari stasiun Manggarai, namun karena masih dalam proses perbaikan dan penataan yang lebih lanjut, untuk sementara, kita bisa menggunakan kereta Bandara dari stasiun Sudirman Baru. 

Jadwal keberangkatan yang beragam yakni mulai pukul 03:51 dan paling akhir 21:51, memungkinkan kita untuk menyocokkan dengan waktu keberangkatan pesawat. Berbeda dari moda transportasi pada umumnya, transaksi tiket kereta api bandara tidak menerima pembayaran tunai. Tiket dapat dibeli dengan tiga cara, yaitu melalui halaman web PT Railink, aplikasi ponsel, atau mesin tiket di stasiun. Praktis. 

 

Hadirnya kereta bandara ini jadi salah satu upaya pemerintah Ibukota untuk mengurangi masalah kemacetan lalu lintas, khususnya arah dari Jakarta Kota ke Bandara Soekarno Hatta, yang biasanya sungguh padat saat musim liburan. Berbagai fasilitas nyaman pun tersedia di dalam kereta bandara ini. Di setiap gerbong terdapat empat layar LCD yang berfungsi untuk hiburan dan memberikan informasi tentang posisi kereta. Disertai Toilet gerbong yang terjaga kebersihannya, dan ruangan khusus untuk mengganti pakaian bayi (informasi penting!), rasanya akan cukup nyaman untuk bepergian bersama anggota keluarga. Well, what a great way to start 2018, Jakarta! 

  

PS: Mudah-mudahan banyak yang akan memilih moda transportasi ini. Sehingga kepadatan lalu lintas benar-benar bisa dikurangi.

 

(pic : Joko Widodo's Instagram)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading