Sukses

Lifestyle

Coffeeshop Menjamur di Jakarta, Hati-Hati Kecanduan Kopi

Jakarta Kopi, dengan segala rasa yang ditawarkan, membuat beberapa orang jatuh cinta. Apalagi coffee fans di ibukota yang semakin gembira dengan hadirnya berbagai coffee shop yang menawarkan aneka rasa dan sajian minuman kopi. Di sekitar kantor FIMELA saja, ada kurang lebih 20 coffeeshop bertaburan. Tinggal pilih ingin mencoba yang mana. Untuk beberapa orang, rutinitas tiap hari selalu diawali dengan menikmati hangatnya secangkir kopi Namun ternyata kita mampu menemui beberapa orang yang sepertinya kecanduan kopi. Ya, candu, karena beberapa orang ini ternyata mampu meminum lebih dari 3 gelas kopi setiap harinya. Are you one of them?. 

 

Tepatnya, bukan kopi yang membuat ketagihan, namun kafein yang terdapat di dalam kopi-lah yang membuat seseorang merasa ingin mengonsumsi kopi, lagi dan lagi. Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat, yang memungkinkan kita untuk lebih fokus dan sadar. Beberapa penelitian memasukkan kafein ke dalam golongan yang adiktif. Seperti penelitian yang diterbitkan dalam Journal for Nurse Practitioners tahun 2010 yang menjelaskan bahwa kafein memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi senyawa adiktif, seperti ketergantungan, toleransi, dan penarikan.

Namun, sifat ketergantungan yang disebabkan oleh kafein, tidak terlalu kuat dan membahayakan, seperti yang disebabkan oleh  kokain, amfetamin, dan stimulan lainnya, sanggah penelitian dalam American Journal of Drug and Alcohol Abuse tahun 2006. 

Memang tidak parah, namun efek yang bisa ditimbulkan dari kecanduan kopi adalah saat seketika belum atau tidak mengonsumsi kopi, mungkin akan merasa sakit kepala, kelelahan, gelisah, cepat marah, suasana hati buruk, dan sulit berkonsentrasi. Dampak ini biasanya terjadi pada para penggemar kopi berat, yang biasa mengonsumsi kopi sebanyak dua cangkir atau lebih per harinya.

 

Biasanya kita akan merasakan efek kafein paling kuat saat baru pertama kali mulai mengonsumsi kopi. Dan efek kopi ini bisa bertahan 2 sampai 5 jam. Pada saat ini, kita dapat merasakan efek lebih waspada, lebih berenergi, lebih berkonsentrasi. Hal ini membuat kita ingin minum kopi lagi. Namun, bila kita sudah sering minum kopi, efek kafein dari kopi mungkin terasa kurang maksimal. Hal ini terjadi karena tubuh sudah terbiasa dengan kehadiran kafein dan juga karena sudah terjadi perubahan kimia dalam otak. Alhasil, kita pun akan menambah jumlah konsumsi kopi per hari untuk mencapai efek kafein yang diinginkan. Ini mengapa biasanya peminum kopi akan merasa ketagihan dan kecanduan kopi. 

 

(pic: Pinterest)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading