Sukses

Lifestyle

Semua Trend Interior di 2018 yang Mudah dan Wajib Diketahui, dari Ahlinya

 

Jakarta Tak seperti dunia fashion yang mengalami ritme perubahan trend yang cukup cepat, dunia desain interior memiliki jangka waktu yang cukup panjang untuk masalah tren yang sedang panas dan digandrungi. Walaupun setiap tahunnya akan hadir sesuatu yang baru untuk mewarnai tren, namun biasanya satu gaya tata ruang akan bertahan setidaknya 2- 3 tahun lamanya, yang berubah mungkin hanya dengan bertambahnya ornamen artistik pada furnitur dan warna yang sedang hits di tahun tersebut. 

Berbagai ramalan seputar trend tata ruang kian terdengar, namun bila diperhatikan, khususnya di Instagram, beberapa eleman seperti warna, bentuk furnitur yang penuh seni dan elemen kejutan seperti tumbuh-tumbuhan, kini jadi kunci utama untuk ciptakan ruangan cantik sekaligus nyaman di tahun 2018.  Sudah 20 tahun lebih, Kate Watson-Smyth mengamati perubahan dunia desain, properti dan interior. Melalui personal blog-nya MadAboutTheHouse.com, Kate membahas mengenai trend dunia dekorasi ruangan yang sepertinya akan diminati, hal ini dilihat dari banyaknya foto sudut-sudut ruangan dengan gaya tersebut yang beredar di Instagram, Tumblr dan Pinterest. 

Untuk urusan warna, nampaknya tahun 2018 para pecinta seni dekorasi ruangan, masih hanyut dalam pilihan warna bersih seperti putih dan abu-abu muda untuk cat dinding. Sedangkan untuk furnitur dan berbagai elemen interior lainnya, warna kontras seperti milenial pink, kuning terracotta, dan hijau pekat masih jadi juara. Perpaduan warna ini disinyalir mampu memberikan rasa hangat dan nyaman saat berada dalam ruangan. Berbagai elemen dekorasi tambahan seperti tumbuh-tumbuhan, dan bantal atau selimut yang dipilih, memiliki pola cukup ramai untuk memberi kesan hidup pada ruangan. 

Hidupnya dunia seni dalam beberapa tahun terakhir, ternyata juga memberi pengaruh pada tren dekorasi tata ruang. Hal ini terlihat dari aneka bentuk pernak-pernik ruangan, seperti bingkai foto, asbak, sampai lemari gantung, yang sudah tak berbentuk segi empat lagi, namun mulai dari lingkaran, sampai berliku yang cantik memberi aksen glamor tapi lembut pada ruangan. 

Sebenarnya mudah bila ingin aplikasikan tren ini ke dalam gaya tata ruang di rumah. Jangan ganti cat dinding bila sudah berwarna terang seperti putih atau abu-abu muda. Pilih furnitur seperti sofa dengan satu warna dengan warna kontras sesuai selera, misalnya pink untuk ruangan dengan gaya feminim yang manis, atau kuning mustard yang hangat. Untuk beri sentuhan Zen, tambahkan elemen tumbuhan, bila tak sanggup untuk merawatnya setiap hari, tumbuh-tumbuhan palsu juga bisa jadi solusi. Selipkan elemen artsy seperti lampu yang berlekuk atau lemari dengan bentuk lingkaran di sudut ruangan, voila! Dekorasi ruangan yang nyaman, trendy, sekaligus Instagramable. 

 

 

(Pic: Pinterest)

Loading