Sukses

Lifestyle

3 Kesalahan Sebelum Memulai Puasa Ramadan yang Bikin Kesehatan Menurun

Fimela.com, Jakarta Ramadan bakal segera tiba. Kamu yang akan menunaikan ibadah puasa pasti sudah bersiap-siap untuk menyambut hari pertama Bulan Suci tersebut. 

Puasa, biasanya akan membuatmu energi yang nggak terlalu banyak. Soalnya, kamu nggak makan dan minum sejak fajar hingga matahari tenggelam. Tapi, aktivitas harus terus berjalan seperti biasanya. 

Tapi, puasa sambil menjalankan aktivitas yang cukup berat tentu saja nggak mudah. Apa lagi kalau kamu bekerja di luar ruangan dan harus panas-panasan setiap hari. 

Belum lagi kalau kamu masih sibuk meski azan Maghrib sudah berkumandang. Biasanya, kamu bakal cuma membatalkan puasa dengan air mineral dan kembali menyelesaikan pekerjaan. 

Artinya, kamu bakal telat buka puasa, kan? Selain itu, kamu juga pasti beberapa kali bakal nggak sahur karena bangun kesiangan atau memang nggak sempat. Kebiasaan ini bakal bikin kamu sakit dan cenderung membatalkan puasa. Lantas, apa saja triknya untuk menyambut bulan Ramadan dengan kondisi yang sehat?

1. Nggak Olahraga

Olahraga itu penting banget. Apa lagi ketika bulan Ramadan sudah semakin dekat. Ketika kamu akan berpuasa, ada baiknya melakukan latihan fisik agar tenagamu bertambah dan nggak cepat lemas. 

Dilansir dari Prevention, olahraga memang membuatmu lelah. Namun, dengan berolahraga, tenagamu justru bertambah. Percaya, deh, kalau kamu rutin berolahraga, kamu pasti merasa lebih segar dan kuat untuk beraktivitas, apa lagi nanti saat kamu berpuasa. 

2. Makan Makanan Sehat

Banyak orang yang nggak terlalu peduli dengan jenis makanan yang mereka asup. Makanan yang nggak sehat mungkin nggak bakal muncul efeknya dalam jangka waktu dekat. 

Tapi, dalam jangka waktu lama, efek negatif akan muncul. Kamu jadi rawan sakit dan juga mudah lelah. Apa lagi saat puasa nanti, di mana kamu cuma makan 2 kali dalam sehari; sahur, dan berbuka puasa. 

Jadi lebih baik kamu menutrisi tubuhmu dengan baik, dengan mengonsumsi makanan sehat. Yaitu makanan yang belum diproses dan masih mengandung vitamin dan gizi lainnya yang lengkap. 

3. Ketahui Nutrisi Makanan

Lapar saat puasa memang mendorongmu untuk berbuka puasa dengan apa pun. Yang penting puasanya batal dulu saat azan berkumandang. Tapi, hati-hati buat kamu yang sedang berdiet. 

Teh manis memang bisa menjadi minuman penambah energi setelah kamu beraktivitas seharian, tanpa makan dan minum. Tapi, jangan terlalu banyak, lho! 

Agar terbiasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang nggak manis dan mengandung banyak gula, kamu harus melatih tubuhmu sejak sekarang. Sehingga, nanti saat Ramadan tiba, kamu jadi nggak kalap saat berbuka puasa dan sahur melihat begitu banyak makanan manis yang tersaji. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading