Sukses

Lifestyle

Pertama Kali Naik Pesawat Kelas Bisnis? Agar Tak Canggung Baca Ini

Jakarta
 

A post shared by Stanley Dirgapradja (@stanleydirgapradja) on

Kesempatan naik pesawat kelas bisnis untuk penerbangan ke luar negeri tidak selalu didapat setiap orang. Dengan berbagai alasan, banyak orang pun memilih penerbangan kelas ekonomi yang lebih ekonomis.

Namun, jika ternyata mendapat kesempatan terbang dengan kelas bisnis pertama kalinya ke luar negeri, mungkin ada sedikit perasaan segan. Sebab, biasanya kita akan diundang ke lounge khusus kelas bisnis sebagai salah satu fasilitasnya.

Jika sudah demikian, jangan ragu, masuk saja sambil menunjukkan tiket pesawat di tangan. Petugas kemudian akan mengarahkan kita ke lounge.

Di Bandara Soekarno-Hatta, lounge biasanya langsung berada di dekat tempat check in bagasi. Lounge setiap maskapai bisa berada bersebelahan atau terpisah.

Jika waktu penerbangan mepet, sebenarnya tidak perlu khawatir untuk mengantre imigrasi. Sebab, petugas imigrasi juga bertugas di dekat pintu masuk lounge.

Saat naik kelas ekonomi perlu mengantre panjang untuk urusan ini, di kelas bisnis kita biasanya akan langsung dilayani. Penumpang pesawat kelas bisnis dan kelas utama juga biasanya tidak sebanyak ekonomi, sehingga meski terjadi antrean pun tidak panjang.

Selanjutnya, kita sudah berada di dalam lounge. Di sana terdapat banyak sofa, berbagai pilihan makanan juga tersedia yang dapat diambil sesuka hati dengan cuma-cuma.

Meski demikian, sebaiknya juga perlu memperhatikan kapasitas perut. Jangan makan terlalu banyak, jika nanti berencana untuk makan lagi di dalam pesawat.

Jika sudah mendekati jam keberangkatan pesawat, biasanya kita akan dipanggil untuk masuk ke gerbang. Kita juga perlu memperhatikan waktu jalan kaki menuju gerbang. Biasanya perjalanan menuju gerbang membutuhkan waktu 10-15 menit, sehingga perlu memperkirakannya supaya tidak ketinggalan pesawat.

Ketika sudah duduk di dalam pesawat, kita tentu akan mendapat kursi yang lebih luas daripada ekonomi. Meskipun setiap pesawat memiliki kualitas kursi yang berbeda-beda. Kita pun bisa bertanya kepada pramugari cara mengoperasikan fasilitas di kabin jika belum tahu. Karena biasanya detail fasilitas hiburan akan cukup berbeda (tergantung maskapai). Tidak perlu sungkan karena tugas mereka adalah membantu. Lima menit pertama kita duduk, biasanya segera disuguhi handuk hangat dan pilihan minuman - termasuk champagne. Seru, bukan?

Selamat menikmati perjalanan di kelas bisnis.

Reporter: Unoviana Kartika
Sumber: Liputan6.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Michelle Ziudith Belum Tertarik Bisnis Kecantikan