Sukses

Lifestyle

Alamanda Shantika, Kartini Modern yang Siap dengan Perubahan di Dunia Digital

Jakarta Coba bayangkan, sekarang semua hal bisa diakses secara online. Mau belanja? Di e-commerce. Baca berita? Portal media menyediakan kabar terkini. Butuh kendaraan untuk mengantar kemanapun tujuan kita? Tinggal buka aplikasi transportasi. Rencana pergi berlibur? Platform travel online siap dengan sederet hotel dan tiket transportasi. Semua dilakukan hanya semudah menekan layar smartphone.

Semua yang berhubungan dengan internet sudah pasti tidak lepas dari peran IT engineer atau programmer. Umumnya, programmer lekat dengan laki-laki. Padahal, tidak sedikit perempuan yang terjun ke ranah digital. Salah satunya adalah Alamanda Shantika. Perempuan 29 tahun yang bercita-cita ingin menjadi Menteri Pendidikan ini pernah menjabat sebagai Vice President, Technology Product Go-Jek. Hengkang dari perusahaan yang dibesarkannya, perempuan yang akrab disapa Ala ini pun membangun Binar Academy, yakni sekolah teknologi gratis untuk memfasilitasi siapa saja yang ingin belajar coding, tanpa melihat gender.

Meski perempuan sudah turut andil dalam dunia teknologi, faktanya jumlahnya terbilang masih sedikit. Ala mengungkapkan bahwa banyaknya engineer perempuan hanya 10% saja dari keseluruhan (saat ia masih memimpin team-nya di Go-Jek). Itulah mengapa, lulusan jurusan Matematika, IT, dan Desain Universitas Bina Nusantara ini ingin menembus batasan atau stereotip yang mengatakan teknologi hanyalah untuk laki-laki melalui sekolah yang dibangunnya. Karena perempuan pun bisa dan memiliki potensi yang sama besarnya seperti laki-laki.

Melalui Binar Academy pula, perempuan yang telah berkenalan dengan coding sejak usia 14 tahun ini bercita-cita agar dunia digital di Indonesia dapat menjadi ekosistem yang menguntungkan untuk segala aspek kehidupan, terutama bagi generasi penerus bangsa. Apalagi sekarang zamannya serba online, perkembangan digital jelas bukan sesuatu yang layak dikesampingkan begitu saja.

Memperingati Hari Kartini, FIMELA sangat setuju menjadikan Alamanda sebagai Kartini modern yang berani melakukan perubahan di dunia teknologi, seperti sosok-sosok lainnya yang pernah FIMELA bahas di sini. Selamat Hari Kartini. Mudah-mudahan perempuan Indonesia dapat lebih maju dan berkembang, menyampaikan aspirasi dan berkarya tanpa batas.

Loading