Sukses

Lifestyle

Memang Pionir, Pada Zamannya RA Kartini Sudah Menyukai Kuliner Bergaya Fusion

Jakarta Sup Pangsit Jepara

Memperingati perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia, tak bisa dilepaskan dari ketertarikannya pada dunia kuliner dan hobi memasak sebagai salah satu cara Kartini berdiplomasi. Kartini kerap menulis surat tentang bagaimana ia mencoba berbagai resep masakan tradisional Jawa dan Eropa kesukaannya dan menggunakan masakan untuk menjelaskan bagaimana peradaban tatanan Jawa di mata Belanda.

R.A. Kartini sendiri menggemari Sup Pangsit Jepara dan Ayam Besengek. Kedua hidangan ini memang sedikit berbeda dengan hidangan khas Jawa Tengah pada umumnya karena merupakan perpaduan kuliner Belanda, Cina dan Jawa Tengah yang menggambarkan kondisi kota Jepara, yang terletak di pinggir pantai dan menjadi salah satu titik yang mudah dikunjungi oleh kapal-kapal asing pada saat itu. Perpaduan budaya inilah yang memengaruhi penerapan konsep fusion (perpaduan kuliner) pada masakan R.A Kartini sehingga memiliki karakter masakan yang cukup unik dan menggugah untuk dinikmati.

 

Baca juga:

5 kutipan inspiratif dari RA Kartini untuk beri semangat perempuan Indonesia

Atiqah Hasiholan beri inspirasi gaya makeup saat pakai kebaya

 

 

Kenyataan bahwa sosoknya sebagai pionir emansipasi perempuan, tapi juga memiliki hobi kuliner adalah sebuah gambaran yang relevan hingga saat ini untuk Ibu-Ibu muda yang aktif dan dinamis. Inspirasi ini diulik oleh Indofood sebagai produsen berbagai bahan makanan berkualitas dari generasi ke generasi untuk keluarga Indonesia. Memahami betul peran memasak dalam kehidupan para Ibu muda yang aktif, akhir tahun lalu, Indofood menghadirkan kembali www.masakapaya.com sebagai sahabat di dapur yang akan selalu senantiasa mendampingi para Ibu muda untuk memberikan pengalaman memasak yang lebih menyenangkan. Melalui situs ini, paraIbu muda bersama Kartini kecil dapat bebas berkreasi dan mengeksplorasi resep warisan budaya dengan konsep fusion seperti yang dilakukan R.A Kartini.

Penasaran dengan resep Sup Pangsit Jepara favorit RA Kartini? Klik di sini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Iri Dagangan Pesaingnya Lebih Laris, Pria Ini Kencingi Masakan Pedagang Lain
Artikel Selanjutnya
Bintang Tasty: Bukan Martabak Mie, Sekarang Waktunya Bikin Nugget Noodle