Sukses

Lifestyle

Jangan Remehkan Kanker Serviks, Pencegahan Berupa Vaksinasi HPV Harus Dilakukan

Jakarta Kanker serviks, salah satu momok menakutkan bagi perempuan. Data GLOBOCAN 2012 menyatakan di Indonesia masih ditemukan 26 perempuan meninggal setiap hari karena kanker serviks, dan penderitanya paling banyak adalah perempuan di usia produktif, yaitu 36-55 tahun. Kabar baiknya, kanker serviks adalah kanker satu-satunya yang dapat dicegah. Caranya dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini.

Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha ternyata sangat concern dengan masalah ini. Ia sadar betul kanker leher rahim dapat menghantui perempuan mana saja. Itulah sebabnya, ia membentengi diri dengan melakukan vaksinasi HPV. Tiga dosis sudah dipenuhinya, dan sekarang Bunga optimis kanker serviks tak akan pernah menghampirinya.

Menurut penjelasan dr. Cindy Rani, SpOG-KFER pada acara Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) dan Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE” di Plaza Indonesia pada peringatan Hari Kartini pekan lalu, vaksinasi HPV dapat dilakukan oleh usia 9-45 tahun. Vaksinasi dibagi menjadi dua golongan, yaitu usia 9-13 tahun dengan dua dosis (jarak 0 dan 6-12 bulan) dan 14-44 tahun dengan tiga dosis (jarak 0, 2 bulan, dan 6 bulan). Seperti Bunga, vaksinasi HPV harus dilakukan tiga kali.

Bisa dicegah tidak berarti pantas diremehkan. Bagi yang belum, sebaiknya segera lakukan vaksinasi HPV. Seperti yang Bunga katakan, “Kalau bukan dari diri kita, siapa lagi?”

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Bersepeda bagi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh
Artikel Selanjutnya
Cegah Kanker Serviks, Pentingnya Vaksin HPV Sebelum Menikah