Sukses

Lifestyle

3 Makanan yang Bisa Hilangkan Racun dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki racun dalam tubuhmu. Racun tersebut biasanya berasal dari makanan-makanan yang nggak sehat. Mulai dari makanan yang mengandung bahan pengawet dan juga gula serta garam. 

Racun dalam tubuh ini, kalau dibiarkan mengendap di dalam tubuh akan menimbulkan gangguan kesehatan. Meskipun dampaknya nggak secara langsung, tapi dalam 5-10 tahun pasti efeknya akan terasa. 

Nggak jarang efek gangguan kesehatan yang muncul dalam jangka panjang sudah sangat parah. Misalnya, ginjal yang fungsinya sudah nggak optimal lagi, atau muncul kanker ganas. 

Kamu pasti nggak mau hal ini terjadi, kan? Makanya, seperti rumah yang harus dibersihkan secara berkala, kamu juga harus melakukan detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh. 

Dilansir dari Global Healing Center, ada beberapa makanan yang bisa membersihkan tubuhmu dari racun

1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang paling banyak mengandung antioksidan. Selain itu, buah juga mengandung banyak air. Karena itu, air yang terkandung dari buah bisa membantu 'mencuci' tubuhmu dari kotoran seperti racun dalam tubuh. 

Buah yang biasanya digunakan untuk detox antara lain lemon, markisa, jambu merah, pisang, apel, dan lain sebagainya. 

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga mengandung banyak antioksidan. Namun, yang paling penting, sayuran hijau memiliki klorofil atau zat hijau daun yang gunanya ibarat 'sikat' yang bisa mengangkat racun dan kotoran dalam tubuh yang sudah mengendap atau menempel pada organ-organ tubuh. 

Kamu yang ingin menjadi lebih sehat bisa mengonsumsi daun kale, bayam, barley, dan sayuran hijau lainnya.  

3. Bawang Putih

Bawang putih yang menjadi bumbu dasar setiap masakan Indonesia memang memiliki banyak khasiat. Saking banyaknya kandungan yang menguntungkan untuk tubuh , bawang putih sering disebut dengan makanan terbaik untuk detox. 

Soalnya, bawang putih bisa menstimulasi liver untuk memproduksi enzim detoksifikasi yang bakal menyaring racun pada sistem pencernaanmu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading