Sukses

Lifestyle

Video Viral: Momen Menegangkan Saat Pendaki Merekam Detik-detik Gunung Merapi Meletus

Fimela.com, Jakarta Gunung Merapi meletus pagi tadi, Jumat (11/5/2018) sekitar pukul 07.43 WIB. Warga di Lereng Gunung Merapi pun panik dan berlarian untuk menyelamatkan diri. Letusan yang disusul hujan abu hingga radius 10 kilometer tersebut membuat warga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengungsi.

Kepanikan ternyata tidak hanya terjadi di lereng gunung, kebetulan saat letusan gunung terjadi ada ratusan pendaki yang sedang mendaki gunung merapi. Dilansir dari Liputan6.com setidaknya ada lebih kurang 120 orang yang melakukan pendakian saat Gunung Merapi meletus. Sebanyak 50 orang dikabarkan berada di puncak Gunung Merapi.

Dalam video viral yang beredar di media sosial terlihat bagaimana kepanikan para pendaki saat letusan Gunung Merapi terjadi. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @ndorokakung, terlihat pada awalnya para pendaki tengah menikmati suasana pagi di puncak Gunung Merapi sambil memasak.

Lalu kepanikan pun di mulai ketika Gunung Merapi meletus sehingga mengeluarkan asap tebal. Dalam kicauannya @ndorokakung menuliskan,”Laporan para pendaki saat Merapi batuk tadi pagi.” Di bawah ini adalah video viral yang merekam momen detik-detik meletusnya Gunung merapi pagi tadi.

Akibat Gunung Merapi meletus, tempat wisata Lereng merapi serta kawasan Kaliurang langsung ditutup sementara, begitu pula dengan Bandara Adisucipto. “Update Terkini. Terbit NOTAM B3567/18, bahwa dampak dari aktivitas Gunung Merapi, maka Operasional Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Penerbangan Sipil untuk sementara waktu tidak beroperasi diperkirakan s.d 11/5/18, 16.30 WIB,” tulis akun Twitter @angkasapura172.

Gunung Merapi Meletus, Warga Diimbau Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Dilansir dari Liputan6.com, usai terjadi letusan Gunung Merapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mulai membagikan masker kepada warga. Letusan freatik tersebut menyebabkan abu vulkanik dirasakan di sejumlah wilayah di Kota Yogya, Bantul, Kulonprogo, dan Sleman.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mengatakan saat ini pihaknya telah membagikan kurang lebih 50 ribu masker kepada warga. Pembagian masker tersebut dilakukan sebagai langkah antisipatif bahaya kesehatan karena abu vulkanik Gunung Merapi.

"Kami sudah membagikan 50 ribu masker. Stok masker di logistik masih ada lebih dari 65 ribu untuk warga," ujar Makwan di Posko Utama BPBD Sleman, Pakem, Jumat (11/5/2018).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading