Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Berbuka Puasa Paling Favorit di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan atau bulan puasa sebentar lagi tiba. Di bulan penuh berkah tersebut, ada begitu banyak hal istimewa dan hanya bisa terjadi saat Ramadan tiba, hingga membuatnya begitu dirindukan kedatangannya.

Selama puasa terutama di siang hari, biasanya akan membuatmu energi yang nggak terlalu banyak. Soalnya, kamu nggak makan dan minum sejak fajar sampai matahari tenggelam.

Puasa sambil menjalankan aktivitas yang cukup berat tentu saja nggak mudah. Tapi semua itu terasa hilang dan bahkan membuat kita bersyukur tiap kali berbuka puasa.

Saat berbuka puasa, banyak jenis minuman maupu makanan yang bisa kita nikmati, baik di rumah, di kantor, di kampus, di restoran maupun di perjalanan. Biasanya yang jadi favorit adalah makanan ringan dan minuman manis yang biasa disebut takjil.

Makanan berat baru disantap usai menjalankan ibadah solat Maghrib atau bahkan setelah solat Isya dan Tarawih. Ada berbagai kuliner yang jadi favorit untuk menu berbuka puasa. Setidaknya ada enam jenis makanan dan minuman yang jadi menu favorit untuk buka puasa selama bulan Ramadan yang disarikan dari beragam sumber.

1. Kurma

Siapa yang tak tahu buah kurma? Buah yang berasal dari tanah Arab selalu jadi menu paling favorit untuk berbuka puasa. Salah satunya karena merupakan anjuran atau sunah Rasulullah yang selalu berbuka puasa dengan buah kurma. Selain itu, kurma jadi banyak dianjurkan ahli kesehatan untuk berbuka puasa karena sangat baik untuk kesehatan. Selama bulan puasa, kita bisa menjumpai buah kurma hampir di mana saja.

2. Kue Jajanan Pasar

Selama bulan Ramadan biasanya banyak penjual kue dadakan atau musiman. Mereka biasanya berdagang di pinggir jalan atau pasar tradisional. Kue jajanan pasar banyak yang jadi favorit untuk berbuka puasa. Misalnya saja lontong, risoles, kue pisang, lumpia, kue sus, lemper dan masih banyak lagi.

3. Kolak

Seperti halnya kue jajanan pasar, banyak penjual kolak musiman di bulan Ramadan. Bahkan ada yang berjulan di rumah atau di pinggir jalan yang tak jauh dari rumah mereka. Jenisnya beragam, ada kolak pisang, kolak biji salak, kolak ubi dan masih banyak lagi.

4. Minuman Dingin

Rasanya hampir semua orang berbuka puasa dengan minum lebih dulu sebelum menyantap kurma maupun makanan lainnya. Ada yang dengan minum teh manis panas atau sekedar air putih. Namun selama bulan Ramadan, biasanya paling banyak dijual. Mulai dari es teh, es kelapa, es sirup, es pisang ijo, es buah sampai sop buah.

5. Aneka Gorengan

Walaupun sudah banyak pakar kesehatan maupun dokter yang mengatakan makan goreng-gorengan kurang baik bagi kesehatan, tapi tetap saja makanan atau jajanan yang satu ini masih jadi favorit banyak orang. Terutama di bulan Ramadan.

Banyak yang berbuka puasa dengan segelas minuman dan beberapa jenis gorengan yang memang murah meriah dan lumayan bikin kenyang. Siapa yang bisa menolak nikmatnya pisang goreng, tahu goreng, singkong goreng dan ‘teman-temannya’ saat buka puasa?.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading