Sukses

Lifestyle

Ramadan Harus Tetap Sehat, Ini 3 Menu Wajib Sahur Biar Selalu Fit

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan biasanya tubuh jadi rentan dengan berbagai penyakit. Bukan karena puasa. Justru melakukan ibadah puasa memiliki kelebihan dan kebaikan untuk kesehatan tubuh. 

Tapi, penyakit berdatangan lantaran pola makan dan hidupmu yang nggak sehat. Makanan yang kamu konsumsi selama bulan puasa sangat memengaruhi kesehatan. 

Biasanya, di Bulan Suci ini, banyak orang yang mengonsumsi makanan sangat manis, banyak mengandung kalori, serta goreng-gorengan. 

Makanya, nggak heran kalau usai Ramadan, banyak orang yang berat badannya naik. Bahkan gula darah dan tekanan darah juga ikut naik. 

Kondisi seperti sangat berbahaya untuk kesehatanmu, lho! Padahal, kamu berpuasa salah satu tujuannya biar badan lebih sehat. Terus, gimana caranya supaya kamu sehat di bulan Ramadan? Dilansir dari Prevention, ternyata kuncinya ada pada menu sahur. 

1. Buah dan Sayuran

Banyak orang yang tak terlalu memikirkan soal menu sahur. Kadang, karena sangat mengantuk, menu sahur seadanya saja. Makanya, sayur dan buah sampai lupa kamu santap. 

Tanpa asupan serat yang tinggi, kamu jadi gampang lapar di siang hari. Selain itu, kamu juga bisa mencegah rasa haus yang berlebih saat puasa dengan mengonsumsi banyak buah yang mengandung air saat sahur. 

2. Protein

Karena saat puasa kamu butuh energi yang lebih banyak, kamu biasanya memilih untuk makan lebih banyak nasi dan karbohidrat. 

Bukan cuma nasi, banyak orang yang sahur dengan mengonsumsi makanan berbahan dasar terigu. Tapi, masalahnya, mereka lupa denga protein yang juga dibutuhkan tubuh. 

3. Minum Air Mineral

Banyak orang yang mengalami gangguan kantung kemih dan juga ginjal selama berpuasa. Tandanya, air seni mereka berwarna kuning pekat dan kadang juga mengalami nyeri pada pinggang bagian belakang. 

Hal ini terjadi karena kamu kurang minum. Nah, karena kamu sedang berpuasa, kamu bisa menyiasatinya dengan minum 2-3 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka puasa, dan sisanya kamu minum sebelum tidur. Dengan begitu, tubuhmu nggak akan mengalami dehidrasi saar berpuasa. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Sahur adalah kegiatan yang dilakukan jelang subuh untuk mempersiapkan puasa
    Sahur adalah kegiatan yang dilakukan jelang subuh untuk mempersiapkan puasa

    Sahur

  • fit

Loading