Sukses

Lifestyle

Ini Bacaan Niat Puasa Ramadan dan Keistimewaannya

Fimela.com, Jakarta Tanggal 17 Maei 2018 telah ditetapkan sebagai awal Ramadan 1439 H dan menandakan dimulainya ibadah puasa. Terkait hal tersebut, hal apa saja yang sudah kamu persiapkan untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadan. Sudah tahu lafal atau bacaan niat puasa Ramadan?

Terkait bacaan niat puasa Ramadan, melansir laman nu.or.id, rupanya ada beragam bacaan niat puasa. Jika kebanyakan dari kita membaca niat puasa dengan membaca kata رمضان sebagai ramadlana, rupanya itu adalah sebuah kekeliruan menurut kaidah ilmu nahwu.

Sehingga bacaan yang tepat dan sempurna adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala".

Meski begitu, kekeliruan dalam melafalkan niat rupanya tak berpengaruh pada keabsahan puasa, selama kita benar-benar berniat untuk menjalankan ibadah puasa.

Selain diniatkan dalam hati, niat puasa Ramadan pun perlu dilafalkan, dengan tujuan utnuk membantu seseorang menegaskan niat dalam hatinya untuk menjalani puasa.

Keistimewaan Bulan Ramadan

Datangnya bulan Ramadan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia, di mana terdapat banyak keistimewaan seperti tertuang dalam hadis berikut.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ.

Artinya: "Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Ketika Ramadhan datang maka dibukalah pintu-pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan dirantailah setan-setan". (Hadits Riwayat Al-Bukhari & Muslim).

Tiga Keistimewaan Ramadan

Mengutip laman muslim.or.id, dari hadist di atas ada tiga keutamaan bulan Ramadan. Pertama, di bulan Ramadan pintu-pintu surga dibuka, karena amalan shalih yang dianjurkan di bulan tersebut dapat membawa seseorang masuk surga.

Kedua, saat bulan Ramadan pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dapat memasukkan manusia ke dalam neraka.

Ketiga, di bulan Ramadan setan-setan dibelenggu. Ya, di bulan suci dan penuh berkah ini, setan-setan dibelenggu, di mana mereka tak bisa menggoda dan menjerumuskan manusia untuk melakukan maksiat dan meninggalkan kewajibannya untuk menjalankan ibadah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading