Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Sehat dan Praktis Untuk Sahur Hari Pertama

Fimela.com, Jakarta Tanpa terasa kita sudah berjumpa lagi dengan bulan yang paling ditunggu semua umat muslim yaitu bulan puasa atau Ramadan. Mulai besok, Kamis (17/5/2018) dinihari, kita akan melaksanakan ibadah makan sahur untuk menandai puasa hari pertama.

Karena masih hari pertama, kita biasanya masih rada kaget dan belum terbiasa bangun di sekitar jam 3 pagi. Apalagi buat yang harus memasak, kalau persiapan kurang pas bisa jadi kita terburu-buru dan lebih mengutamakan kecepatan. Soal kesehatan pun bisa jadi dilupakan sejenak.

Padahal sahur tak sekedar untuk mengisi perut saja, tetapi juga harus dioptimalkan buat mengisi energi sebagai persiapan menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh.

Nah, kalau kamu memilih mengonsumi sahur dengan berbagai makanan yang sebenarnya kurang pas dikonsumsi saat sahur, maka bisa jadi puasamu malah terganggu karena sakit perut.

Buat menghindari itu semua, berikut ini ada tips dari blog Bukalapak yang mungkin bisa membantu. Berikut ini ada lima inspirasi menu sahur praktis dan menyehatkan yang bisa dikonsumsi.

1. Nasi atau Roti

Di waktu sahur, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup sebagai asupan energi. Itu karena karbohidrat berfungsi untuk memproduksi cadangan energi yang akan digunakan untuk beraktivitas selama berpuasa. Kalau tak ingin makan nasi, kamu bisa memilih roti gandum yang punya serat lebih banyak untuk mengamankan pencernaan.

Tahu dan Telur

2. Tahu dan Tempe

Makanan murah meriah dan menyehatkan ini memang sudah jadi ciri khas orang Indonesia. Tahu dan tempe jadi menu favorit karena mengandung protein tinggi yang bisa membuat lambung lebih kenyang karena daya serapnya yang lebih lambat dibandingkan karbohidrat.

3. Telur

Telur termasuk makanan favorit semua orang kaena mudah dbuat dan banyak variasi sajiannya. Telur sangat baik untuk sarapan, begitu juga dengan sahur.

Kamu bisa menyantap telur rebus, dadar, scrambled atau ceplok dengan nasi putih atau roti gandum. Kombinasi protein dan karbohidratnya bisa membuatmu terasa lebih kenyang sepanjang hari.

Oatemal dan Susu

4. Oatmeal

Satu lagi menu sahur yang praktis dan sehat adalah oatmeal atau bubur gandum. Dengan kandungan gula yang rendah dan protein tinggi dari gandum, kamu bisa menahan lapar lebih lama dengan asupan energi yang relatif stabil. Cara pembuatannya pun mudah dan cepat.

5. Susu

Buat melengkapi persediaan energi, sebaiknya minum susu sebelum menutup sahurmu. Kandungan kalsium yang tinggi akan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita saat berpuasa.

Kamu juga akan memiliki cukup gizi saat beraktivitas seharian dengan mengonsumsi minuman yang satu ini. Ada baiknya pilih susu yang rendah lemak dan rendah gula. Selamat menjalankan ibadah sahur dan puasa di bulan Ramadan tahun ini.

 

;
Loading