Sukses

Lifestyle

Lagi Diet, Ini Menu Untuk Sahur yang Pas Buat Kamu

Fimela.com, Jakarta Menjalankan puasa di bulan Ramadan yang akan dimulai besok, 17 Mei 2018, bukan hanya sekedar ibadah. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat, terutama buat kesehatan. Bulan puasa bisa jadi momen yang tepat buat lebih menjaga dan mengatur pola makan kita.

Buat yang lagi diet, nggak perlu kuatir karena banyak cara yang bisa dilakukan supaya nggak kalap atau kebablasan pas sahur atau berbuka puasa. Yang paling penting, pastikan makanan yang kamu konsumsi cukup menyediakan energi buat beraktivitas selama puasa.

Saat sahur, sebaiknya perhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi. Dan yang sering dilupain, perhatikan juga porsi makan kamu saat sahur. Jangan sampai berlebihan, apalagi buat kamu yang ingin menurunkan berat badan saat puasa.

Makan berlebihan di waktu sahur bisa menyumbang kalori berlebih pada tubuh kita.Seperti dilansir dari laman hellosehat.com,makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur terdiri dari tiga hal berikut ini.

Karbohidrat kompleks

Catat ya, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan saat puasa, sebaiknya tetap mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks saat sahur. Karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan juga bisa menyediakan energi lebih panjang.  Dengan begitu kamu nggak merasa lapar berlebihan.

Serat juga bisa membantu kita menurunkan berat badan.Makanan yang jadi sumber karbohidrat kompleks diantaranya adalah nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat, quinoa, kentang beserta kulitnya, dan lainnya. Kamu bisa mengonsumsi makanan ini sebanyak 1 porsi saat sahur atau setara dengan 100 gram nasi merah.

Protein

Protein juga bisa membantu kita menurunkan berat badan, jadi kita perlu mengonsumsi makanan berprotein saat sahur. Protein juga diperlukan tubuh untuk mengganti atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Buat yang lagi diet, pilih makanan sumber protein dengan kandungan lemak rendah, seperti ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan telur.

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan sumber protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau dan kacang kedelai.Yang paling penting adalah metode memasak yang kamu gunakan. Pilih metode masak dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang dibandingkan digoreng.

Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan jadi makanan wajib buat kamu yang mau menurunkan berat badan saat puasa di bulan Ramadan. Keduanya mengandung banyak serat dan berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Buah-buahan dan sayuran yang harus kamu konsumsi saat sahur minimal sebanyak 2-3 porsi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading