Sukses

Lifestyle

Ibadah Ramadan, Ini Waktu Utama Baca Al Quran

Fimela.com, Jakarta Membaca Al Quran adalah amalan yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim, terlebih di bulan suci Ramadan. Selain memiliki banyak keistimewaan, Ramadan juga diketahui sebagai waktu turunnya Al Quran.

Rasulullah Muhammad SAW sampai berpesan agar umat Islam rutin membaca Alquran. Pesan tersebut tertuang dalam hadis riwayat Muslim. "Bacalah Alquran karena kelak ia akan memberikan syafa’at kepada orang yang membacanya."

Bahkan, Rasulullah mengibaratkan seorang Muslim yang membaca Alquran ibarat buah jeruk yang harum dan sedap. Sementara yang tidak membaca Alquran diibaratkan seperti buah kurma yang manis namun tidak wangi.

Tidak berbeda dengan sholat sunah, membaca Alquran juga terdapat waktu-waktu tertentu. Waktu tersebut sangat dianjurkan untuk digunakan membaca Alquran.

Dikutip dari laman Islami, Imam An Nawawi menjelaskan kapan saja waktu utama membaca Alquran. Penjelasan itu tertuang dalam kitab Al Adzkar.

" Adapun waktu utama baca Alquran di luar sholat ialah pada malam hari. Paruh kedua malam lebih utama dibanding paruh pertama. Disunahkan juga membacanya ketika selang waktu maghrib dan isya. Sementara waktu siang, yang dianjurkan ialah ketika usai sholat subuh. Pada prinsipnya, kapanpun baca Alquran diperbolehkan. Tidak ada kemakruhan untuk baca Alquran kapan saja. Bahkan baca Alquran di waktu yang dimakruhkan sholat sekali pun tetap diperbolehkan."

Dari penjelasan tersebut, kita bisa pahami bahwa setengah malam kedua adalah waktu terbaik membaca Al Quran. Namun kalau kamu tidak bisa melakukannya di waktu tersebut, maka disunahkan membaca Alquran diantara waktu maghrib dan isya.

 

Penulis: Ahmad Baiquni

Sumber: Dream.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading