Sukses

Lifestyle

6 Destinasi Wisata Seni dan Budaya di Yogyakarta

Jakarta Dikenal dengan kota yang kental akan nuansa tradisionalnya, Jogja merupakan destinasi ideal untuk wisata seni dan budaya. Tak hanya kaya akan warisan budaya, kota Pelajar ini juga menjadi rumahnya para seniman handal. Mencoba menelaah sejarah masa lampau dan mengapresiasi berbagai karya seni, pastikan mampir ke tempat-tempat ini untuk pengalaman seni yang tak terlupa.

1. Ullen Sentalu

Photo: panduanwisatajogja.com

Adalah museum bersejarah yang memiliki koleksi lukisan, foto tokoh sejarah Mataram, kain batik, karya sastra, arca, dan etnografi Mataram. Peninggalan sejarah Mataram membuat museum ini memiliki nuansa Jawa yang begitu kuat, seolah mengajak kita kembali ke masa kaum Jawa pada kala itu.  

 

2. Museum Affandi

Photo: triptrus.com

Pecinta lukisan harus mampir ke museum yang terletak di tepi Sungai Gajah Wong ini. Museum ini menyimpan berbagai macam lukisan Affandi Koesoema, pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia. Affandi bisa dibilang merupakan pelukis Indonesia yang paling terkenal di mata internasional berkat gaya ekspresionis dan romantisme yang khas.

 

3. Batik Painting Art Gallery

Photo: tripadvisor.com

Melihat lukisan pada batik tentu akan menambah luas horizon kita akan keindahan melukis di atas kain dengan teknik batik. Tidak sekadar menampilkan hasil karya lukisan batik, Batik Painting Art Gallery juga menyediakan workshop bagi yang ingin belajar membatik.

 

4. Taman Budaya Yogyakarta

Photo: penebar.com

Merupakan pusat budaya yang dijadikan tempat pameran, pertunjukan, dan berbagai kegiatan seni, seperti seni rupa, pementasan teater, diskusi sastra, pembacaan puisi, dan festival kesenian. Haus akan seni? Di sinilah tempat paling tepat untuk memenuhi kebutuhan seni kita.

 

5. Lana Gallery

Photo: dilokasi.com

Galeri ini merupakan tempatnya hasil karya seni kontemporer dari para seniman tanah air, terutama seniman Yogyakarta. Bisa dikatakan, galeri yang dijalankan oleh Bapak Wildan ini menjadi ruang bagi seniman Indonesia agar hasil karyanya dikenal luas. FYI, hasil karya dan lukisan di galeri ini dapat dibeli.

 

6. Museum Keraton

Photo: pergiberwisata.com

Di Museum Keraton kita bisa menemukan berbagai museum, antara lain Museum Lukisan, Museum Sri Sultan Hamengkubowono IX, Museum Kereta, dan Museum Batik. Bagi yang ingin lebih mengenal Yogyakarta, Museum Keraton dapat dimasukkan ke dalam itinerary saat berlibur ke sana.

Liburan seni di Jogja, terutama bagi wisatawan dari luar kota, menemukan hotel yang dekat dengan museum dan galeri tersebut di atas tentu jadi pertimbangan utama. Bila yang dicari adalah hotel ramah budget, paling pas mencarinya di Airy Rooms.

Booking kamar hotel atau penginapan di Airy Rooms memiliki banyak keunggulan. Pertama, hotel di Airy Rooms menawarkan tarif terjangkau (cocok untuk backpacker atau traveler minim budget). Apalagi Airy Rooms memiliki jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia, sehingga pilihannya banyak dan beragam, serta mudah ditemukan.

Kedua, fasilitasnya lengkap, dimana setiap kamar memiliki 7 jaminan fasilitas berupa AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. The best part? Bisa booking di mana saja dan kapan saja melalui website dan aplikasi iOS maupun Android. Pembayarannya juga mudah, bisa dilakukan lewat bank transfer, kartu kredit, dan gerai Indomaret. Dan jangan lupa, sekarang Airy juga sudah menyediakan tiket pesawat dengan harga yang kompetitif.

Siap cuti untuk mengisi kembali jiwa dengan seni-seni budaya yang menyembuhkan di Yogyakarta?

 

Photo window: Instagram Sonia Eryka

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut