Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Favorit Berbuka Puasa di Masjid Sunda Kelapa Jakarta

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa dan salat tarawih selain ibadah-ibadah lainnya. Di Jakarta, terutama di Jakarta Pusat, ada sejumlah masjid besar yang mengadakan ibadah salat tarawih.

Ada satu masjid yang tak hanya ramai dikunjungi jamaah, tapi juga para penyuka kuliner yaitu Masjid Agung Sunda Kelapa. Masjid di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini meman sudah lama dikenal karena di halaman depannya banyak penjual makanan yang lezat dan harganya terjangkau.

Apalagi di bulan puasa ini, dengan lokasi yang strategis, semakin banyak yang datang ke masjid Sunda Kelapa, baik untuk beribadah maupun menikmati deretan kulinernya yang sudah banyak dikenal.  Jenisnya pun beragam, mulai dari makanan ringan dan takjil, sampai makanan berat yang mengenyangkan. 

Ada puluhan stand makanan maupun minuman di pelataran parkir masjid yang sering didatangi para pejabat dan duta besar negara-negara sahabat ini. Berikut ini ada lima jenis kuliner berbuka puasa yang banyak digemari di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.

1. Es Kelapa Muda dan Sop Buah

Yang paling sering jadi pembuka puasa adalah minum, terutama yang manis-manis. Makanya, penjual es kelapa muda dan sop buah jadi yang paling favorit diserbu para pengunjung di masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.

Es kelapa muda biasanya jadi teman menyantap jajanan maupun makannan ringan. Satu gelas es kelapa muda dihargai 12 ribu rupiah dengan ukuran gelas yang panjang dan besar. Selain itu juga ada sop buah, es buah dan es doger di gerai lainnya.

2. Batagor dan Siomay

Selain berbuka dengan kolak dan minuman dingin, biasanya diteruskan dengan makanan ringan. Yang cukup banyak jadi pilihan di Masjid Sunda Kelapa ini adalah batagor dan siomay.

Misalnya saja Batagor Menteng yang langsung diserbu pembeli tak lama setelah berbuka puasa. Rasanya enak dan lumayan bikin kenyang dengan harga sekitar 12 - 15 ribu rupiah.

3. Nasi Pecel

Tak hanya batagor dan siomay, stand lain yang termasuk favorit adalah nasi pecel ibu Sri yang berada di dekat penjual es kelapa muda. Sejak sebelum bedug maghrib, sudah banyak yang memesan makanan ini untuk diminum bersama es kelapa muda.

Gerai ini menyajikan makanan ringan seperti tempe mendoan, lontong, bakwan, risoles, lumpia dan tahu goreng yang kemudian disiram dengan kuah pecel.

Buat yang suka sayuran juga bisa menambahkan toge, daun singkong maupun kacang panjang. Untuk gorengan yang ukurannya cukup besar dihargai 10 ribu rupiah untuk 3 buah.

4. Roti Maryam

Kalau suka makanan manis, bisa mencoba roti maryam nayfa yang termasuk favorit pengunjung Masjid Sunda Kelapa. Rasanya ada yang original, atau bisa ditambahkan cokelat maupun keju. Harganya mulai dari 8 ribu sampai 12 ribu rupiah saja.

5. Tongseng Kambing

Buat menyantap makanan berat dan mengenyangkan saat berbuka puasa di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat ini, menu yang cukup banyak digemari adalah Tongseng Menteng Pak Agus Asli Solo. Di tempat ini ada tongseng, gulai, sate sampai nasi goreng kambing.

Kuahnya kental dan penuh rempah sehingga bau harumnya sangat khas. Daging kambingnya juga empuk dan enak. Harga satu porsi tongseng dan sepiring nasi putih sekitar 20 ribu rupiah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading