Sukses

Lifestyle

Cocok Dikonsumsi di Bulan Puasa, 6 Makanan Ini Bisa Cegah Keriput

Fimela.com, Jakarta Puasa di bulan Ramadan yang sudah dimulai sejak 17 Mei lalu, bukan hanya sekedar ibadah. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat, terutama buat kesehatan. Bulan puasa bisa jadi momen yang tepat buat lebih menjaga dan mengatur pola makan kita.

Yang terpenting, pastikan makanan yang kamu konsumsi cukup menyediakan energi buat beraktivitas selama puasa. Selain itu ada hal lain yang bisa kita lakukan terhadap pola makan di bulan puasa ini dengan proses peremajaan tubuh kita.

Buat sebagian orang, penuaan bisa sangat menakutkan, seperti munculnya keriput di wajah. Kamu mungkin sudah melakukan berbagai macam cara untuk terlihat awet muda.

Nah, mencegah munculnya kerutan ternyata bisa dilakukan dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Seperti dilansir dari liputan6.com, setidaknya ada enam jenis makanan yang bisa mencegah proses keriput di wajah kita dan pas dikonsumsi di bulan puasa.

1. Makanan dengan kandungan vitamin C

Asupan tinggi vitamin C bisa menurunkan tampilan keriput dan kulit kering. Vitamin C yang terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, kiwi dan pepaya punya banyak kandungan antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan munculnya keriput.

Vitamin A dan Protein

2. Makanan dengan kandungan vitamin A

Makanan dengan kandungan vitamin A seperti wortel, ubi, buah-buahan dan produk olahan susu juga bisa mencegah munculnya keriput. Vitamin A dapat membantu kulit dalam dua cara, baik dikonsumsi dalam bentuk makanan atau langsung diaplikasikan ke kulit sebagai krim yang disebut retinol.

3. Makanan tinggi protein

Tanpa protein yang cukup seperti telur, susu dan keju, maka sel-sel kulit tidak akan dapat beregenerasi dan mulai terlihat kusam, serta kering. Perputaran sel yang baik bisa membuat kulit selalu terlihat lebih muda.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung serat, protein, dan antioksidan. Serat dalam kacang- kacangan sangat baik untuk kulit, dan mempengaruhi penampilan, seperti mencegah munculnya keriput.

Ikan dan Keriput

5. Kalium

Kalium adalah elektrolit yang biasanya terdapat pada makanan, terutama buah-buahan dan sayuran. Kalium bisa membantu menjaga keseimbangan cairan pada sel-sel individual tubuh, melawan efek dehidrasi natrium untuk menjaga air di dalam sel.

6. Ikan

Siapa yang meragukan rasa dan khasiat ikan. Ikan bukan hanya bagus untuk kulit tapi juga secara keseluruhan karena kandungan Omega 3-nya yang tinggi.

Omega 3 adalah lemak esensial yang bisa membantu kulit mempertahankan kelenturan dan fleksibilitas serta mengurangi munculnya keriput. Jadi bulan puasa adalah momen yang tepat untuk lebih banyak lagi makan ikan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading