Sukses

Lifestyle

Agar Tak Kambuh, Ini 3 Tips Atasi Maag Selama Ramadan

Bintang.com, Jakarta Maag memang menjadi kendala setiap hari yang bisa saja mengganggu aktivitas. Apa lagi pada saat puasa Ramadan. Puasa kadang membuat maag kambuh karena perut yang kosong sehingga memicu naiknya asam lambung. 

Maag juga kerap kali membuat penderitanya berbuka puasa di tengah hari. Bukan karena tak kuat menahan lapar, namun kadang rasa sakit pada lambung terlampau perih. 

Tentu saja, penyakit ini jadi kendala saat menunaikan ibadah puasa. Tapi jangan khawatir. Soalnya, maag kambuh bisa dicegah dengan berbagai cara. 

1. Dilansir dari Hello Sehat, maag biasanya kambuh jam 10 pagi. Namun, hal ini bisa dicegah dengan tak melewati sahur. Pada saat sahur, usahakan kamu menhindari makanan yang berisisko meningkatkan kemungkinan maag kambuh. 

Meskipun kadang sahur itu berat dan kamu sangat mengantuk, lebih baik usahakan untuk sahur. Perut yang kosong di jam-jam tertentu akan memicu maag kambuh karena asam lambung naik. 

2. Buka Puasa Tepat Waktu dan Benar

Kamu mungkin sibuk sehingga kadang buka puasa hanya dengan seteguk atau dua teguk teh manis hangat. Atau bahkan cuma air mineral saja, lantas melanjutkan pekerjaan. 

Hal ini bisa memicu perut perih, lho! Biasakan untuk berbuka puasa tepat waktu dengan mengonsumsi makanan sehat. Misalnya buah, teh manis, atau juga sayuran. Kamu bisa melanjutkan pekerjaan kembali sebelum makan berat. 

3. Makan Banyak Serat

Jangan biarkan lambung kosong meski kamu berpuasa. Caranya, dengan mengonsumsi makanan kaya serat pada saat sahur. Serat bisa kamu dapat dari buah, sayur, kacang-kacangan, beras, dan juga gandum. 

Serat ini mengandung karbihidrat kompleks yang akan diserap ke dalam tubuh dengan lambat. Sehingga, lambung nggak kosong selama kamu berpuasa. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Asam Lambung dan Dampak Buruk Jika Dibiarkan
Artikel Selanjutnya
Ragam Obat Pengganti Rantidin Menurut Praktisi Kesehatan