Sukses

Lifestyle

Ramadan Jangan Lupakan Orang Tua, Yuk Doakan Mereka dengan Baca Ini

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan memang waktu tepat untuk menghilangkan berbagai kebiasaan buruk dengan memperbanyak menjalankan ibada sunah. Namun, di tengah sibuk memperbaiki diri, jangan lupa juga untuk mendoakan kedua orang tua.

Ya, sampai hari ini kedua orang tuamu adalah orang paling berjasa. Mereka telah memberikan segala apa yang mereka bisa agar kamu bisa hidup layak dan bahagia.

Tak hanya itu, tanpa kamu sadari kedua orang tuamu juga sudah rela menomorduakan bahkan tak memedulikan kebutuhan diri mereka sendiri, demi membahagiakanmu.

Jika bicara tentang apa yang telah mereka berikan dan semua jasanya hingga saat ini untukmu, itu semua tak akan pernah bisa kamu bayar atau gantikan dengan apapun.

Namun, menjadi kebanggaannya dan selalu mendoakan kebaikan untuk mereka bisa kamu jadikan sebagai cara membalas segala apa yang telah mereka lakukan, dan berikut ini adalah doa untuk kedua orang tua yang bisa kamu baca untuk mereka.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا“Allahummaghfirlii waliwaa lidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa”

Artinya :

“Wahai Allah, ampunilah aku dan kedua orang tua ku, kasihilah mereka sebagaimana mereka mangasihiku ketika aku masih kecil”

Waktu Istimewa untuk Berdoa

Selain mengisi kegiatan Ramadan dengan menjalankan berbagai ibadah sunnah, jangn lupa untuk memanjatkan doa dan menyampaikan keinginanmu. Namun sebelum itu, kamu harus tahu kalau ternyata ada waktu-waktu mustajab di mana doa-doa mudah dikabulkan.

Menurut para ulama, ada beberapa waktu waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadan. Yaitu pada waktu sahur, saat berpuasa, dan saat berbuka.

1. Waktu sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

2. Saat Berpuasa

Imam Nawawi rahimahullah berkata, " Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

3. Ketika berbuka puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; " Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading