Sukses

Lifestyle

Ramadan 2018: Kapan Waktu Turunnya Al Quran?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak ibadah yang dianjurkan di bulan Ramadan. Selain wajib berpuasa, membaca Al Quran juga sangat dianjurkan saat Ramadan, mengingat kitab suci umat muslin ini diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalu perantara malaikat Jibril saat Ramadan.

Alquran kemudian menjadi petunjuk bagi umat manusia. Tidak hanya soal interaksi antara hamba dengan Tuhan, namun juga sesama manusia dan dengan seluruh makhluk.

Momen turunnya Alquran sendiri dikenal dengan istilah nuzulul quran. Kapan sebenarnya momen ini terjadi?

Dikutip dari laman Islami.co, Abdul Wadud Al Hanif dalam kitab Nuzulul Quran wal Inayah bihi fi Ahdin Nabi menerangkan informasi mengenai nuzulul quran dapat ditemukan setidaknya dalam beberapa ayat berikut.

Pertama, Surat Al Baqarah ayat 185.

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)."

Abu Jafar Ath Thabari dalam Jamiul Bayan fi Ta'wilil Quran menjelaskan Alquran diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke dunia bulan Ramadan, tepatnya pada lailatul qadr.

Ayat kedua yang memuat informasi mengenai nuzulul quran yaitu Surat Ad Dukhan ayat 3. "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

Nuzulul Quran

Sementara terkait kapan pastinya Alquran diturunkan, ulama berbeda pendapat. Imam Ibnu Ishaq berpendapat nuzulul quran jatuh pada 17 Ramadan. Dasarnya adalah Surat Al Anfal ayat 11.

"Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Imam Ath Thabari berpendapat yang dimaksud dengan hari Furqaan adalah hari perang Badar, terjadi pada 2 Hijriah. Tetapi, Ibnu Abbas berpendapat Alquran turun pada malam ke-24 Ramadan.

Pendapat Ibnu Abbas didasarkan pada hadis Rasulullah SAW dari Watsilah bin Al Asqa.

"Dari Watsilah bin Al-Asqa sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: Lembaran-lembaran Ibrahim diturunkan pada awal malam bulan Ramadan dan Taurat diturunkan setelah 6 Ramadan berlalu dan Injil diturunkan setelah 13 Ramadan berlalu dan Allah menurunkan Alquran setelah 24 Ramadan berlalu."

Tetapi, Shafiyur Rahman Al Mubarakfuri dalam kitab Ar Rahiqul Makhtum menyebut Alquran turun pertama kali turun pada Senin malam ke-21 Ramadan. Bertepatan dengan usia Rasul 40 tahun.

Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui secara pasti kapan Alquran turun. Meski demikian, mayoritas Muslim berpegangan pada pendapat Alquran turun pertama kali pada 17 Ramadan.

 

Penulis: Ahmad Baiquni

Sumber: Dream.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading