Sukses

Lifestyle

7 Tips Aman Buat Kamu yang Mudik Lebaran Pakai Motor

Fimela.com, Jakarta Mudik saat lebaran menjadi salah satu momen unik orang Indonesia. Selain mengandalkan transportasi umum seperti kereta, bus, atau pesawat, tak sedikit orang yang memilih pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Ya, mudik menggunakan motor menjadi pilihan alternatif yang digemari karena bisa menekan biaya perjalanan. Terkait hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto mengatakan, jika pemudik yang menggunakan motor diprediksi mencapai 8,5 juta, bahkan lebih.

"Pengguna sepeda motor bisa mencapai 8,5 juta pemudik. Ini termasuk tinggi ya. Jumlah itu terhitung dari H-7 sampai H+7 hari raya," kata Pandu dalam diskusi bertema Mudik Asyik di Cikini, Jakarta, Sabtu (2/6/2018), dikutip dari laman Liputan6.

Nah, untuk kamu yang sudah merencakan mudik ke kampung halaman saat Lebaran menggunakan motor, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya dengan baiknya. Berikut ini adal delapan tips buat kamu yang hendak mudik Lebaran dengan motor. Jangan sampai ada yang terlewat.

1. Pastikan kondisi motor baik.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan jika kondisi motormu dalam keadaan prima dengan melakukan berbagai pengecekan seperti ban, oli, rem, mesin dan komponen lainnya di bengkel terpercaya.

2. Pastikan kondisi tubuh sehat.

Selain memastikan kondisi kendaraanmu, pastikan juga jika kesehatanmu prima. Selain itu untuk berjaga-jaga selama di perjalanan mudik, siapkan juga obat-obatan pribadi ya.

3. Patuhi peraturan lalu lintas.

Ini adalah salah satu komponen penting saat mudik dan harus kamu taati, agar mudik berjalan lacar dan selamat. Menaati peraturan tak hanya akan memudahkan perjalananmu, tetapi juga membantu memudahkan orang lain. Hati-hati ya!

4. Jangan terlalu banyak bawa penumpang dan barang.

Agar perjalanan mudik dengan motor berjalan aman dan nyaman, jangan membawa terlalu banyak barang ya. Selain itu, kendaraan motor mudik juga tak boleh ditumpangi lebih dari dua orang.

"Untuk meningkatkan keselamatan dari teman- teman, polisi ada check point mulai di Bekasi dan Cikarang. Jadi apabila ada pengguna sepeda motor lebih dua orang akan dihentikan dan disediakan bus," ujar Pandu.

5. Luangkan waktu istirahat.

Menempuh perjalanan jauh di tengah jalanan yang padat bukanlah hal yang mudah. Agar selamat sampai tujuan, jangan memaksakan diri untuk terus melaju saat lelah ya. Sempatkan waktu utuk beristirahat agar mudik tetap lancar dan selamat.

6. Jangan gunakan smartphone saat berkendara

Update di media sosial telah menjadi kebiasaan sehari-hari banyak orang, terlebih saat ada momen langka seperti mudik lebaran. Hindari menggunakan smartphone saat berkendara ya, agar mudik aman dan selamat.

7. Simpan nomor penting.

Jangan lupa menyimpan nomor-nomor penting di ponselmu, untuk mempermudah mendapakan bantuan saat kamu menemukan kesulitan dalam perjalanan mudik. Menyimpannya lewat speed dial akan lebih membuatmu mudah, tanpa harus mencari menu.

;
Loading