Sukses

Lifestyle

6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi

Fimela.com, Jakarta Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang hidup merantau jauh dari rumah dan keluarga. Nggak heran sebagai saat yang paling dinantikan, banyak orang yang rela melakukan apa pun juga demi impiannya untuk pulang kampung saat Lebaran dapat terlaksana.

Ya, banyak orang yang rela begadang demi mantau tiket-tiket kereta api yang sisa. Satu hal yang paling luar biasa dilakukan oleh banyak orang supaya bisa berlebaran di kampung halaman adalah rela bermacet-macetan di jalan. Bukan cuma belasan jam, tapi bahkan ada yang menempuh perjalanan hingga puluhan jam atau berhari-hari.

Meskipun kelelahan di jalan, tapi bukan berarti banyak orang yang trauma. Buktinya setiap tahunnya saat jelang Lebaran tiba, banyak orang yang masih rela macet-macetan di jalan. Itu semua tentunya demi bisa berkumpul dengan keluarga-keluarga tercinta serta berliburan menikmati suasana kampung halaman yang jauh dari kebisingan kota.

Untuk kamu yang ingin pulang kampung atau mudik dengan mobil pribadi, maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan supaya perjalanan mudiknya aman dan nyaman. Tips selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Periksa Kondisi Mobil

Selain membersihkan mobil dari barang-barang yang nggak penting dan malah bikin sempit, hal paling penting yang harus kamu lakukan kalau ingin mudik dengan mobil pribadi adalah memeriksa kondisi mobil. Sebelum digunakan untuk mudik, ada baiknya kamu pergi ke bengkel untuk memeriksa mobil secara keseluruhan supaya bisa aman dalam perjalanan ke pulang kampung.

2. Jangan Bawa Semua Keluarga

Maksudnya adalah sesuaikan jumlah penumpang dengan kapasitas bangku yang ada di mobil kamu. Jangan membawa penumpang melebihi kapasitas mobil. Selain penumpang, kamu juga harus memikirkan kapasitas barang yang akan dibawa sepanjang mudik Lebaran.

3. Bawa Makanan dan Minuman yang Tidak Mudah Basi

Sebelum melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi, sebaiknya kamu juga memikirkan makanan dan minuman yang akan dibawa untuk bekal dalam perjalanan. Kamu nggak akan tahu kapan dan di mana akan macet. Untuk itu makanan dan minuman sangat diperlukan supaya nggak kelaparan atau kehausan di jalan. Pilih makanan yang nggak mudah basi ya.

4. Persiapkan Uang Tunai yang Cukup

Nggak disemua tempat kamu akan menemukan ATM, jadi ada baiknya sebelum mudik kamu persiapkan uang tunai secukupnya untuk keperlian beli bensin atau uang untuk dibagikan ke saudara-saudara di kampung halaman.

5. Jangan Memaksakan Diri

Pasti sudah nggak sabar untuk bertemu dengan keluarga di kampung, tapi ada baiknya kamu tetap hati-hati bawa mobilnya. Jangan ngebut-ngebut dan kalau sudah lelah, sebaiknya langsung istirahat saja. Pilih tempat istirahat yang aman. Untuk berjaga-jaga nggak ada salahnya untuk kamu persiapkan kotak obat-obatan.

6. Penting untuk Membawa GPS atau Peta Mudik

Kamu mungkin saja hafal sama jalanan menuju kampung halaman tercinta, tapi untuk menghindari kemacetan atau memilih jalan alternatif, ada baiknya kamu selalu membawa GPS atau peta mudik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading